Pengaruh Gaya Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 samarinda tahun ajaran 2019/2020
Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, dimana kecerdasan emosional sebagai variabel moderating pada materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Sampel penelitian ini sebanyak 62 siswa, yang diambil melalui metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk memperoleh data gaya belajar dan kecerdasan emosional serta soal essay untuk memperoleh data hasil belajar matematika pada materi Teorema Pythagoras. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, diperoleh 4 tipe gaya belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Samarinda yaitu: Realistic sebanyak 20 siswa, Artistic Social sebanyak 7 siswa, Enterphrising Conventional sebanyak 14 siswa, Realistic Coventional sebanyak 11 siswa. Tingkat kecerdasan emosional siswa tergolong rendah dengan rata-rata skor 46,23 dan rata-rata skor tes hasil belajar matematika adalah 62,13 dan tergolong sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan analisis kovarians dengan α = 0,05 diperoleh nilai Fhitung = 6,047 ; Ftabel = 3,07 dan p = 0,001. Karena Fhitung > Ftabel dan p < 0,05 maka disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari gaya belajar siswa. untuk variabel gaya belajar dengan kecerdasan emosional sebagai variabel moderating diperoleh Fhitung = 7,870 ; Ftabel = 3,07 dan p = 0,001. Karena Fhitung > Ftabel dan p < 0,05 maka disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari gaya belajar siswa dengan kecerdasan emosional sebagai variabel moderating. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika dengan kecerdasan emosional sebagai variabel moderatingnya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Samarinda tahun ajaran 2019/2020.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Gaya Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 samarinda tahun ajaran 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | ERNI SURYANI GURNING - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ERN p 2020 |
Subyek | Kata kunci: Gaya Belajar, Kecerdasan emosional, Ha |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY