Detail Cantuman Kembali
Alvirgin Debora Bahihi - Personal Name

Analisis Vegetasi dan Potensi Hijauan Pakan Pada Umur Pertanaman Sawit Yang Berbeda di Kebun Kelapa Rakyat Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara

Alvirgin Debora Bahihi. Analisis Vegetasi dan Potensi Hijauan Pakan Pada Umur Pertanaman Kelapa Sawit yang Berbeda di Kebun Rakyat Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Jurusan Peternakan, 2020 (Dibawah bimbingan Taufan Purwokusumaning Daru dan Hadi Pranoto)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis hijauan antar tanaman sawit, produksi hijauan termasuk daun dan pelepah sawit serta mengetahui kapasitas tampung pada lahan perkebunan sawit milik rakyat yang dilaksanakan pada Bulan Desember 2019 di Kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara dan menggunakan metode eksplorasi dimana dalam 3 hektar lahan diambil 27 cuplikan yang mewakili 3 umur pertanaman sawit yakni umur 0 tahun, 4 tahun, dan 8 tahun. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah jenis hijauan, indeks nilai penting, indeks keanekaragaman jenis, indeks dominasi, indeks kemerataan jenis, produksi hijauan, dan kapasitas tampung.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3200 individu, 24 jenis individu, dan 12 famili yaitu Asteraceae, Cleomaceae, Compositae, Cyperaceae, Eurphobiaceae, Fabaceae, Graminae, Lygodiaceae, Passifloraceae, Poaceae, Polypodiaceae, Rubiceae yang dibagi dalam 3 kelompok tumbuhan yakni kelompok tumbuhan berdaun lebar, pakis-pakisan, serta rumput-rumputan. Family yang paling mendominasi adalah family Poaceace, dengan nilai INP dan kemerataan jenis tertinggi terdapat pada tumbuhan Paspalum conjugatum. Produksi hijauan tertinggi berada pada usia pertanaman 4 tahun dengan total berat 8,36 MgHa-1 dan juga memiliki kapasitas tampung tertinggi yakni 0,80 ST Ha-1 , sementara berat pelepah dan daun sawit tanpa lidi tertinggi berada pada usia pertanaman 8 tahun.
Kata kunci: Hijauan, Kapastitas tampung, , vegetasi, umur tanaman sawit.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Vegetasi dan Potensi Hijauan Pakan Pada Umur Pertanaman Sawit Yang Berbeda di Kebun Kelapa Rakyat Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara
Pengarang Alvirgin Debora Bahihi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ALV a 2021
Subyek Hijauan, Kapastitas tampung, , vegetasi, umur tana
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Peternakan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua