PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA
Prokrastinasi akademik adalah perilaku penundaan dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik yang dilakukan sebagian besar mahasiswa termasuk dalam mengerjakan skripsi. Banyak faktor yang menyebabkan mahasiswa menunda menyelesaikan skripsi sehingga berdampak pada masa studi yang lebih dari lima tahun di perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain game online terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2013-2014 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda yang sedang mengerjakan skripsi serta bermain game online, dengan jumlah sampel 120 orang mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianlisis dengan bantuan program Statistical Packages for Social Science (SPSS) 24.0 for wndows.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh intensitas bermain game online terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Pada intensitas bermain game online terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai beta = 0.529 ; t hitung > t table (5.504 > 1.990) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05), hal ini berarti semakin tinggi intensitas bermain game online, maka akan semakin tinggi pula prokrastinasi akademik pada mahasiswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA |
---|---|
Pengarang | SYAZIRA NIRA SANDYA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SYA p 2020 |
Subyek | prokrastinasi akademik, intensitas bermain game on |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY