Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Tahun Ajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini Kecerdasan Logis-Matematis (X1) dan Kemampuan Penalaran (X2) berlaku sebagai variabel bebas serta hasil belajar matematika (Y) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda, yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa 352 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan tekhnik Solvin, yang menjadi sampel dalam penelitian adalah 6 kelas yang berjumlah 189 siswa. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, diperoleh skor rata-rata dari kecerdasan Logis-Matematis adalah 42,802 (kategori rendah), Kemampuan penalaran adalah 40,703 (kategori rendah), dan tes hasil belajar matematika adalah 44,078 (kategori rendah). Berdasarkan analisis inferensial menggunakan uji analisis jalur untuk sub-struktur 1 diperoleh persamaan
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | RAHMAD HIDAYAT - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAH p 2020 |
Subyek | Kata Kunci: Kecerdasan Logis-Matematis, Kemampuan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY