Penerapan Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam dalam Mengembangkan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kegiatan belajar di rumah saat masa pandemi covid19 (1) Upaya Guru dalam Merancang Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam dalam mengembangkan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda saat Kegiatan Belajar di Rumah; (2) Penerapan model pembelajaran sentra bahan alam dalam mengembangkan sains anak usia 5-6 tahun di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda saat kegiatan belajar di rumah; dan (3) Perkembangan kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di TK‘Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda saat belajaran di rumah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dan perekaman data pada penelitian ini melalui: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya Guru dalam Merancang Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam dalam mengembangkan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK‘Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda saat Kegiatan Belajar di Rumah telah menunjukkan hasil yang baik dan sesuai, (2) Penerapan model pembelajaran sentra bahan alam dalam mengembangkan sains anak usia 5-6 tahun di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda saat kegiatan belajar di rumah telah menunjukkan hasil yang baik pada penerapan nya dan sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah dirancang oleh guru sebelumnya, dan (3) kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di TK‘Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda saat belajaran di rumah setelah penerapan model pembelajaran sentra bahan alam dapat berkembang sangat baik. Hal ini dapat terbukti dari ketiga indikator yaitu Anak mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui, Anak mampu menceritakan hasil percobaan sederhana dan, Anak mampu mengenal lingkungan alam dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sentra bahan alam guru terlaksana dengan baik dengan adanya kerjasama antara guru dan orangtua.
Kata Kunci : Anak Usia 5-6 Tahun, Kognitif, Model Sentra Bahan Alam,Sains.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam dalam Mengembangkan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Aji Alista Kencana - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AJI p 2021 |
Subyek | Kata Kunci : Anak Usia 5-6 Tahun, Kognitif, Model |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY