Detail Cantuman Kembali
Afwun Rifahdi - Personal Name

Analisis Hubungan Postur Kerja dengan Risiko Gangguan Muskuloskeletal pada Pegawai Disabilitas di Instansi Pemerintah Kota Samarinda

Pendahuluan dalam dunia kerja terdapat potensi terjadinya keluhan Musculoskeletal baik itu pada pegawai normal maupun pegawai disabilitas. Untuk Pegawai disabilitas yang berada di instansi pemerintahan kota samarinda risiko keluhan MSD bisa di akibatkan banyak faktor terutama usia, masa kerja dan postur kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional.
Tujuan Mengetahui hubungan antara usia, masa kerja , dan postur kerja dengan keluhan MSD pada Pegawai disabilitas di instansi pemerintahan kota samarinda. Metode pengambilan sampel menggunakanTotal Sampling dan di perdalam dengan Snowball Sampling, Analisis data menggunakan uji Cramer’s V dengan level signifikasi 0,05 (5%).
Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan yang signifikan antara postur kerja dengan keluhan MSD. Sedangkan untuk usia dan masa kerja tidak mengalami hubungan yang signifikan. Kesimpulan hubungan antara postur kerja dengan keluhan MSD p-value= 0,008 dengan tingkat derajat hubungan yang kuat k = 0,474.
Saran sebaiknya Pegawai disabilitas menjaga pola makan untuk tetap dalam keadaan sehat saat bekerja serta memperhatikan postur kerja saat berada dilingkungan kerja agar bisa mengurangi keluhan yang ditimbulkan saat bekerja dikarenakan posisi kerja yang tidak sehat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Hubungan Postur Kerja dengan Risiko Gangguan Muskuloskeletal pada Pegawai Disabilitas di Instansi Pemerintah Kota Samarinda
Pengarang Afwun Rifahdi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AFW a 2020
Subyek Partisipasi, Penyandang Disabilitas
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua