Detail Cantuman Kembali
Nur Alvidayanti - Personal Name

Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Pola Bilangan dan Barisan Bilangan serta Pemberian Scaffolding di Kelas VIII MTs Al-Ikhlas Bontang Tahun Ajaran 2020/2021

Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pokok pola bilangan dan barisan bilangan di kelas VIII MTs Al-Ikhlas Bontang Tahun Ajaran 2020/2021; 2) Untuk mengetahui bagaimana pemberian scaffolding berdasarkan kesalahan siswa menyelesaikan materi pokok pola bilangan dan barisan bilangan di kelas VIII MTs Al-Ikhlas Bontang Tahun Ajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di MTs Al-Ikhlas Bontang dan objek dari penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi pokok pola bilangan dan barisan bilangan serta pemberian scaffolding berdasarkan kesalahan siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, tes tertulis, wawancara dan pemberian scaffolding kepada siswa yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan tes tertulis.
Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini jenis triangulasi yang digunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber, yaitu dengan mewawancarai guru matematika yang mengajar di kelas VIII A MTs Al-Ikhlas Bontang dan membandingkan kesalahan yang dilakukan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa urutan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dari yang terbanyak, sebagai berikut: (1) kesalahan memahami konsep; (2) kesalahan prinsip; (3) kesalahan operasi; (4) kesalahan algoritma. Berdasarkan jenis kesalahan yang ditemukan pemberian scaffolding yang diberikan pada kesalahan memahami konsep adalah reviewing, dilanjutkan explaning, dan restructuring. Pemberian scaffolding pada kesalahan prinsip adalah reviewing, kemudian explaning, restructuring dan yang terakhir developing conceptual thiking. Pemberian scaffolding pada kesalahan operasi adalah reviewing dan selanjutnya restructuring. Pemberian scaffolding pada kesalahan algoritma adalah reviewing dan dilanjutkan restructuring. Setelah pemberian scaffolding siswa diberikan soal tambahan yang serupa dan siswa dapat menyelesaikan soal tersebut secara mandiri serta tidak melakukan kembali kesalahan sebelumnya, sehingga dapat dikatakan pemberian scaffolding dinyatakan berhasil.
Kata Kunci : Kesalahan, Pola bilangan dan barisan bilangan, Scaffolding.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Pola Bilangan dan Barisan Bilangan serta Pemberian Scaffolding di Kelas VIII MTs Al-Ikhlas Bontang Tahun Ajaran 2020/2021
Pengarang Nur Alvidayanti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR k 2021
Subyek Kata Kunci : Kesalahan, Pola bilangan dan barisan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua