Detail Cantuman Kembali
Indah Aprilia - Personal Name

Pengaruh Disposisi Matematis dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020

Penelitian jenis ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disposisi Matematis dan Interaksi Teman Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2019/2020.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Disposisi Matematis (X1) dan interaksi teman sebaya (X2) serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling yang terdiri dari 6 kelas sebanyak 182 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Angket untuk mengetahui tingkat disposisi matematis dan interaksi teman sebaya dan tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan (α) sebesar 0,05 atau 5%.
Berdasarkan analisis deskriptif, diketahui bahwa rata-rata skor disposisi matematis sebesar 67,131; interaksi teman sebaya sebesar 73,737; dan hasil belajar matematika sebesar 60,51. Disposisi matematis, interkasi teman sebaya dan hasil belajar tergolong pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaan penduga yaitu Y ̂=9,563+0,321X_1+0,373X_2. Model regresi ini berarti pada taraf signifikan p = 0,000. Berdasarkan hasil pengujian partial, diperoleh bahwa variable disposisi matematis (x_1) berpengaruh signififkan terhadap hasil belajar matematika dengan taraf p=0,000. Demikian juga diperoleh bahwa interaksi teman sebaya (x_2) berpengaruh signififkan terhadap hasil belajar matematika dengan taraf p=0,000.
Berdasarkan dari analisis inferensial, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh disposisi matematis dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika pada materi phytagoras di Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2019/2020.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Disposisi Matematis dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020
Pengarang Indah Aprilia - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IND p 2020
Subyek Disposisi Matematis, Interaksi Teman Sebaya, Hasil
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan pendidikan matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua