Pengaruh Self Efficacy dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 13 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Self efficacy dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 13 Samarinda pada hasil belajar di semester genap tahun ajaran 2019/2020.
Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu Self efficacy 〖(X〗_1) dan Lingkungan belajar siswa 〖(X〗_2) serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 13 Samarinda yang berjumlah 255 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga sampel penelitian ini adalah 5 kelas yang berjumlah 158 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket, dokumentasi, dan wawancara. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang self efficacy dan lingkungan belajar siswa. Dokumentasi untuk mendapatkan hasil belajar matematika siswa yang diambil dari nilai rata-rata siswa pada semester genap yang diperoleh dari guru matematika Kelas VII. Sedangkan wawancara digunakan untuk mendapatkan data pendukung penelitian.
Analisis data yang digunakan pada penelitian ini, adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan (α) sebesar 0,05. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa self efficacy, lingkungan belajar, dan hasil belajar matematika tergolong kategori sedang. Hasil analisis inferensial diperoleh persaman regresi dugaan yaitu, Y ̂=65.162+0.175X_1+0.106X_2 model persamaan regresi penduga yang di peroleh dinyatakan berarti dengan signifikansi statistik (p) sebesar 0.000, dengan keofisien determinasi sebesar 0.400 ini menunjukan bahwa 40% variasi hasil belajar matematika dapat ditentukan oleh hubungan linearnya variabel self efficacy dan lingkungan belajar siswa. Untuk variabel self efficacy 〖(X〗_1) dinyatakan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan signifikansi statistik sebesar 0.000. Untuk variabel lingkungan belajar 〖(X〗_2) juga dinyatakan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan signifikansi statistik sebesar 0.001.
Berdasarkan analisis inferensial maka dapat di simpulkan bahwa terdapaat pengaruh self efficacy dan lingkungan belajar terhapap hasil belajar matematika pada semester genap siswa kelas VII SMP Negeri 13 Samarinda tahun ajaran 2019/2020.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Self Efficacy dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 13 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | Ulfa Dika Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ULF p 2020 |
Subyek | Self Efficacy, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar M |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY