Detail Cantuman Kembali
ARIS MUNANDAR - Personal Name

Jaminan Produk Halal terhadap Makanan yang Diperdagangkan Oleh Pedagang Kaki Lima di Universitas Mulawarman

Penelitian ini bertujuan yang pertama, untuk mengetahui bagaimana bentuk jaminan produk halal terhadap makanan yang diperdagangkan oleh pedagang kaki lima. Kedua, untuk mengetahui bagimana peran pemerintah dalam mengawasi makanan yang beredar terutama makanan yang diperdagangkan oleh pedagang kaki lima.
Penelitian ini menggunakan . pendekatan socio-legal research. Sumber data yang diperoleh berupa sumber data primer dan sekunder. Lokasi penelitian ini dilakukan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI), dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kalimantan timur(BPJPH).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih ada pelaku usaha yang belum memiliki surat jaminan produk halal terutama pedagang kaki lima, yang disebabkan beberapa faktor yaitu biaya yang mahal, administrasi yang rumit, proses yang butuh waktu lama.
Efektifitas hukum tentang peraturan yang menyatakan tentang wajibnya setiap produk yang beredar di Indonesia wajib bersertifikat halal, belum efektif. Pedagang kaki lima yang tidak memiliki jaminan tidak diatur secara ekplesit dalam Undang-Undang ini.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Jaminan Produk Halal terhadap Makanan yang Diperdagangkan Oleh Pedagang Kaki Lima di Universitas Mulawarman
Pengarang ARIS MUNANDAR - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ARI j 2020
Subyek Pedagang Kaki lima
Jaminan Produk Halal
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan Ilmu Hukum
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua