Detail Cantuman Kembali
Ambar Octaviani Ahmad - Personal Name

IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SISWA KELAS XI MIPA KEPADA GURU DI SMAS AL-KHAIRIYAH SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020

Ambar Octaviani Ahmad, 2020. Implementasi Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Etika Siswa Kelas XI Mipa Kepada Guru Di SMAS Al-Khairiyah Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibawah bimbingan Rury Muslifar, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Yashintha Sari Pratiwi S.Psi., M.Psi Psikolog Selaku dosen pembimbing II.

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan prilaku siswa yang masih kurang sopan, siswa juga belum dapat menghargai dan menghormati guru. Oleh karena itu layanan bimbingan konseling harus dilakukan secara maksimal terutama layanan informasi guna meningkatkan etika siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan informasi dalam meningkatkan etika siswa kelas XI mipa kepada guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yang terdiri dari satu guru BK, satu Mahasiswa dan satu siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa dalam implementasi layanan informasi dalam meningkatkan etika siswa kelas XI Mipa kepada guru di SMAS Al-Khiariyah telah berjalan sesuai prosedur. Perencanaan layanan informasi diawali dengan guru BK membuat program kerja yang telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa disekolah. Sehingga terbentuk program layanan informasi dalam meningkatkan etika siswa kepada guru. Pelaksanaan layanan informasi telah dilaksanakan sesuai dengan rancangan pelaksanaan layanan (RPL). Setelah layanan dilaksanakan, guru BK melakukan evaluasi proses dan hasil untuk melihat keberhasilan layanan yang sudah diajalankan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, implementasi layanan informasi dalam meningkatkan etika siswa kepada guru berjalan sesuai prosedur. Diharapkan guru BK untuk lebih memaksimalkan lagi pemberian layanan informasi agar dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan etika kepada guru dan orang-orang sekitarnya.

Kata Kunci : Layanan Informasi, Etika Siswa

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN ETIKA SISWA KELAS XI MIPA KEPADA GURU DI SMAS AL-KHAIRIYAH SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Pengarang Ambar Octaviani Ahmad - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AMB i 2020
Subyek Layanan Informasi, Etika Siswa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan bimbingan dan konseling
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua