ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TENTANG PROGRAM 100 HARI KINERJA GUBERNUR (ANIES BASWEDAN) – WAKIL GUBERNUR (SANDIAGA UNO) DKI JAKARTA DI MEDIA ONLINE CNN INDONESIA.COM DAN TIRTO.ID
Raden Roro Ajeng Erynira Permatasari. 1302055041. Analisis framing pemberitaan Tentang Program 100 Hari Kinerja Gubernur (Anies Baswedan) – Wakil Gubernur (Sandiaga Uno) DKI Jakarta di Media Online Cnnindonesia.com dan Tirto.id. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman 2020.
Program kerja Anies Baswedan dan Sandiaga Uno selaku Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta menjadi isu yang hangat dibicarakan di hari ke-100 mereka menjabat. Program-program yang dijanjikan selama kampanye menjadi pemberitaan yang menarik bagi para wartawan untuk disampaikan ke publik. Cnnindonesia.com dan Tirto.id merupakan dua buah media online yang menjadikan isu ini sebagai headline pemberitaan mereka. Cnnindonesia.com dan Tirto.id adalah dua media online yang cukup besar di Indonesia yang memiliki pengakses atau pengunjung yang termasuk besar, Cnnindonesia.com sebesar 20.487.900 dan Tirto.id sebesar 10.644.900.
Penelitian ini mencoba mengetahui dan membandingkan pemberitaan yang dimuat dalam Cnnindonesia.com dan Tirto.id mengenai program 100 hari kerja Anies-Sandi menggunakan analisis framing. Framing merupakam sebuah pendekatan untuk mengetahui bagaimana prespektif atau cara pandang yang digunakan oleh wartawan ketika menyeleksi isu dan menulis berita (Sobur 2012: 162). Berdasarkan pengertian tersebut, dapat diketahui bahwa framing adalah bagaimana wartawan menyampaikan sebuah berita berdasarkan sudut pandang yang ingin ia sampaikan kepada pembaca.
Dari penelitian ini setelah melalui analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, dengan empat struktur: Sintaksis, Skrip, Tematik, dan Retoris, peneliti menemukan Cnnindonesia.com dan Tirto.id memiliki perbedaan dalam menuliskan penjabaran program kerja serta permasalahan yang ada. Secara garis besar setelah dibandingkan dengan menggunakan analisis framing, Cnnindonesia.com dalam berita-berita yang dituliskannya menggunakan bahasa yang lebih ringan, netral, dan aman. Sedangkan Tirto.id menggunakan bahasa yang tegas serta lugas dan terkesan terus terang. Ini merupakan bukti bahwa masing- masing media mempunyai cara pandang dan kontruksinya sendiri dalam menyampaikan isi berita walaupun sumber dari informasi dan tema yang di bahas di dua media ini sama.
Kata Kunci: Framing, Cnnindonesia.com, Tirto.i
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN TENTANG PROGRAM 100 HARI KINERJA GUBERNUR (ANIES BASWEDAN) – WAKIL GUBERNUR (SANDIAGA UNO) DKI JAKARTA DI MEDIA ONLINE CNN INDONESIA.COM DAN TIRTO.ID |
---|---|
Pengarang | RADEN RORO AJENG ERYNIRA PERMATASARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAD a 2020 |
Subyek | Reward, Employee Engagement, Employeed Advertising Media (Television, Magazine, Internet |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ilmu komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY