Detail Cantuman Kembali
SITI AMINAH - Personal Name

Aspek Hukum Perjanjian Kerjasama Waralaba Yang Tidak Di Daftarkan. ( Studi waralaba Teh 2 Daun Di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda).

Siti Aminah, NIM: 1608015207, Samarinda, 28 Mei 1998, Konsentrasi Hukum Perdata. Dengan Judul Penelitian Aspek Hukum Perjanjian Kerjasama Waralaba Yang Tidak Didaftarkan (Studi Waralaba Teh 2 Daun di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda). Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Hukum dibawah bimbingan Dr. M. Fauzi, SH., MH. selaku pembimbing utama dan Safarni Husain, SH., M.Kn. selaku pembimbing pendamping.
Pengembangan pada sektor ekonomi menjadi salah satu tumpuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu bentuk kerjasama dalam dunia usaha adalah dengan mengembangkan usaha melalui sistem Waralaba. Berdasarkan penelitian penulis di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda, terdapat Penerima Waralaba Teh 2 Daun yang tidak mendaftarkan perjanjian kerjasama waralaba. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menelusuri dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi pelaku usaha Teh 2 Daun di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda tidak melakukan kewajibannya untuk mendaftarkan perjanjian kerjasama waralaba, untuk mengetahui dan menganalisis akibat hukum bagi penerima waralaba Teh 2 Daun di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda yang tidak mendaftarkan perjanjian kerjasama waralaba.
Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode Non-Doctrinal atau socio legal research. Pendekatan penelitian ini berupa studi-studi empiris untuk mengetahui bagaimana proses terjadinya dan bekerjanya hukum didalam masyarakat tanpa mengenyampingkan dukungan bahan doctrinal berupa bahan pustaka dan seperangkat norma positif.
Hasil dari penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi penerima waralaba Teh 2 Daun di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda tidak mendaftarkan perjanjian kerjasama waralabanya yakni, minimnya Pengawasan dari Pemerintah, faktor ketidakjelasan distribusi kewenangan antara DPMPTSP dan Dinas Perdagangan, dan minimnya pengetahuan penerima waralaba pengaturan pendaftaran perjanjian kerjasama waralaba. Kemudian akibat hukum yang ditimbulkan dari aspek hukum administrasi negara adalah penerima waralaba Teh 2 Daun di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda dikenakan sanksi administrasi peringatan tertulis dan denda. Kemudian dalam aspek hukum perdata akibat hukum yang ditimbulkan, yakni perjanjian tersebut Batal demi hukum karena perjanjian tersebut adalah perjanjian formal yang hal tertentunya di atur oleh Undang-undang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Aspek Hukum Perjanjian Kerjasama Waralaba Yang Tidak Di Daftarkan. ( Studi waralaba Teh 2 Daun Di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda).
Pengarang SITI AMINAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIT a 2020
Subyek Perjanjian, Waralaba, Tidak Didaftarkan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan Ilmu Hukum
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua