Detail Cantuman Kembali
REZKI RAHMADANI - Personal Name

Analisis Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Siswa Kelas IV Tema 1 “Indahnya Kebersamaan” Kurikulum 2013

Rezki Rahmadani, 2020. Analisis Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Siswa Kelas IV Tema 1 “Indahnya Kebersamaan” Kurikulum 2013. Pembimbing I Iksam, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Erna Suhartini, M.Pd.

Kata Kunci: Buku Siswa, Nilai Karakter, Kurikulum 2013.

Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan atau menganalisis muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku siswa kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kurikulum 2013. Sumber data pada penelitian ini adalah buku siswa kelas IV Sekolah.

Data penelitian berupa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku siswa, yaitu nilai religius, nilai santun, nilai nasionalisme, nilai percaya diri, nilai disiplin, nilai tanggung jawab dan nilai peduli. Muatan nilai-nilai pendidikan karakter pada analisis ini terbagi menjadi 3 sub tema, yaitu keberagaman budaya bangsaku, kebersamaan dalam keberagaman dan bersyukur atas keberagaman. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan jumlah nilai pendidikan karakter yang ditemukan adalah sebanyak 96 nilai pendidikan karakter. Adapun rincian jumlah kemunculan nilai-nilai karakter tersebut adalah nilai religius (24) dengan persentase kemunculan sebanyak 25%, nilai santun (13) dengan persentase kemunculan sebanyak 13,5 %, nilai nasionalisme (32) dengan persentase kemunculan 33,3 %, nilai percaya diri (9) dengan persentase kemunculan sebanyak 9,4%, nilai disiplin (1) dengan persentase kemunculan sebanyak 1%, nilai tanggung jawab (8) dengan persentase kemunculan sebanyak 8,4% dan nilai peduli (9) dengan persentase kemunculan sebanyak 9,4%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Siswa Kelas IV Tema 1 “Indahnya Kebersamaan” Kurikulum 2013
Pengarang REZKI RAHMADANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI REZ a 2021
Subyek Buku Siswa, Nilai Karakter, Kurikulum 2013
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua