Detail Cantuman Kembali
Bayu Persawan - Personal Name

IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN LONGSOR DITINJAU DARI STRUKTUR TANAH (Studi Kasus: Pemukiman Penduduk Jalan Gurami, Kel. Sei Dama, Kec. Samarinda Ilir, Kota Samarinda)

Membangun tempat tinggal di daerah lereng memiliki resiko yang sangat besar. Adanya ancaman terhadap bencana alam terutama tanah longsor selalu mengintai. Contohnya seperti tanah longsor yang terjadi pada pemukiman penduduk di daerah lereng Jalan Gurami, Kota Samarinda. Penelitian berupa identifikasi daerah rawan longsor ini sangat diperlukan untuk mendeteksi struktur tanah di daerah yang diteliti, dan dapat mengetahui potensi terjadinya bencana longsor di daerah tersebut.

Pada penelitian ini terlebih dahulu dilakukan uji tanah dari lokasi penelitian di laboratorium. Kemudian dilakukan analisis menggunakan aplikasi Plaxis. Serta perhitungan manual dengan menggunakan metode bishop yang disederhanakan.

Dari hasil analisa menunjukkan bahwa pada penggunaan aplikasi Plaxis didapatkan nilai angka keamanan sebesar 1,439. Sedangkan, pada perhitungan manual didapatkan nilai angka keamanan sebesar 1,117. Sehingga dapat dipastikan lereng dalam keadaan stabil, karena angka keamanan lebih dari 1.

Kata kunci: Longsor, Plaxis, Metode bishop yang disederhanakan, Angka keamanan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN LONGSOR DITINJAU DARI STRUKTUR TANAH (Studi Kasus: Pemukiman Penduduk Jalan Gurami, Kel. Sei Dama, Kec. Samarinda Ilir, Kota Samarinda)
Pengarang Bayu Persawan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI BAY i 2020
Subyek Longsor, Plaxis
Metode bishop yang disederhanakan
Angka keamanan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan teknik sipil
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua