Detail Cantuman Kembali
IMIN KUIN - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG JEIS-JENIS PEKERJAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN 007 SAMARINDA UTARA

IMIN KUIN, 2020 : Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jenis- jenis Pekerjaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas III SDN 007 Samarinda Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muhammad Ilyas, M.Pd Sebagai dosen Pembimbing 1 dan Dr. Nicodemus Sere, M.Pd sebagai dosen Pembimbing II.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa Tentang Jenis-jenis Pekerjaan di kelas III SDN 007 Samarinda Utara Tahun Ajaran 2019/2020.Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS materi Jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN 007 Samarinda Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenisjenis pekerjaan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Make A Match pada siswa kelas III SDN 007 Samarinda Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 007 Samarinda Utara yang berjumlah 35 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Make A Match. Prosedur Penelitian yaitu, Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi,tes tertulis dengan menggunakan ranah Kognitif dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Rumus menghitung nilai tes siswa, Rata-rata, Persentase ketuntasan belajar, Persentase Aktivitas Guru dan Siswa, dan Persentase Peningkatan Hasil belajar setiap Siklus. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata hasil belajar dari nilai pra siklus sebesar 55.82 dengan persentase 23%. Pada siklus 1 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 34% dan persentase peningkatan nilai pra siklus ke siklus 1 19.97%. Pada siklus II dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 65.71% dan persentase peningkatan nilai siklus 1 ke siklus II 27.14%. Dan pada siklus III dengan persentase ketuntasan siswa 88.57% dan persentase peningkatan nilai siklus II ke siklus III meningkat menjadi 35.11% Berdasarkan data dan pembahasan Bab IV dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS tentang Jenis-jenis Pekerjaan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas III SDN 007 Samarinda Utara tahun Ajaran 2019/2020 meningkat.

Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Jenis-jenis Pekerjaan, Make A Match

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG JEIS-JENIS PEKERJAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN 007 SAMARINDA UTARA
Pengarang IMIN KUIN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IMI p 2020
Subyek Hasil Belajar IPS
Jenis-jenis Pekerjaan, Make A Match
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua