Pengaruh Locus of Control Internal dan Interaksi Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020
Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control internal dan interaksi sosial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 256 siswa di SMP Negeri 9 Samarinda. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel 157 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes hasil belajar matematika, dan sebelum digunakan untuk pengambilan data, dilakukan uji coba pada siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Samarinda sebanyak 59 siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil analisis menunjukkan bahwa locus of control internal dan interaksi sosial siswa tergolong tinggi, sedangkan untuk hasil belajar siswa tergolong pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial, diperoleh persamaan regresi dugaan, yaitu Y ̂=34,702+0,310X_1+0,234X_2 dengan nilai probabilitas ρ=0,000. Untuk =5%, ternyata ρ
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Locus of Control Internal dan Interaksi Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | Dian Islamiati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIA p 2020 |
Subyek | locus of control internal, interaksi sosial, hasil |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY