Detail Cantuman Kembali
Ammalia Nur Rizqi - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS V SDN 008 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 008 Samarinda pada pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas V SDN 008 Samarinda tahun pembelajaran 2018/2019.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung tiga siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN 008 Samarinda yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan melihat ketuntasan belajar siswa secara individu sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditentukan yaitu 62 dan persentase ketuntasan telah mencapai minimal 80%.

Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar matematika pada siswa kelas V pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai yang meningkat dari pra siklus, dengan nilai rata-rata diperoleh 59,5 dengan persentase ketuntasan 39% meningkat pada siklus I menjadi 68,9 dengan persentase ketuntasan 58,3% dan peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I sebesar 15,8%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat kembali menjadi 73,2 dengan persentase ketuntasan 75% dan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I sebesar 6,2%. Pada siklus III nilai rata-rata menjadi 75,3 dengan persentase ketuntasan 88,9% dan peningkatan nilai rata-rata dari siklus II sebesar 2,8%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan pada siswa kelas V SDN 008 Samarinda

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS V SDN 008 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang Ammalia Nur Rizqi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AMM p 2020
Subyek Hasil Belajar Matematika, Contextual Teaching and
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua