Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Nilai-nilai Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi nilai-nilai Islam terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA MA Negeri 1 Samarinda pada materi larutan penyangga. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas berjumlah 33 siswa. Kelas XI MIPA 1 menggunakan LKPD sedangkan XI MIPA 3 menggunakan LKPD terintegrasi nilai-nilai Islam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes terdiri dari post-test dan ulangan harian sedangkan teknik non tes terdiri dari observasi. Data hasil post-test dan ulangan harian dianalisis menggunakan uji F dan uji t. Rata-rata hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 adalah 74,37 dan kelas XI MIPA 3 adalah 82,58. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 4,51 > 1,99 pada taraf signifikan 5% maka Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh LKPD terintegrasi nilai-niai terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di MA Negeri 1 Samarinda pada pokok bahasan larutan penyangga.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Nilai-nilai Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga |
---|---|
Pengarang | Syamsi Dhuha Darmawati - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SYA p 2020 |
Subyek | Kata kunci: Hasil belajar, LKPD terintegrasi nilai |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY