Detail Cantuman Kembali
RAKHMAT NUR - Personal Name

BEBAN PEMBUKTIAN OLEH TERDAKWA SEBAGAI UPAYA PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA KORUPSI

Rakhmat Nur, 1608015210, Beban Pembuktian Oleh Terdakwa Sebagai Upaya Penegakan Hukum Tindak Pidana Korupsi Dibawah bimbingan, di bawah bimbingan Dr. Ivan Zairani Lisi, SH.,S.Sos.,M.Hum. dan Dr. La Syarifudin, S.H, M.H.
Salah satu penyebab sulitnya pemberantasan korupsi adalah sulitnya pembuktian, karena di samping para pelaku tindak pidana ini melakukan kejahatannya dengan sangat rapi mereka juga pintar untuk menyembunyikan bukti-bukti kejahatannya. Untuk memecahkan masalah tersebut, salah satu upaya yang ditempuh adalah melalui pengaturan pembuktian terbalik (Reversal burden of proof) terhadap perkara-perkara korupsi.
Jenis penelitian ini adalah socio-legal research. Dalam penelitian ini, dukungan data empirik tidak dapat dihindari, terutama pernilaian terhadap peristiwa-peristiwa hukum, hubungan-hubungan hukum, dan proses keputusan hukum (putusan pengadilan).
Dalam praktik, penerapan pembuktian terbalik ini secara murni banyak mendapat tantangan baik dari segi teoritis maupun praktis. Salah satunya adalah bertentangan dengan asas presumption of innocent atau praduga tak bersalah yang telah diakui secara internasional dan diatur pula dalam KUHAP dan ketidaksesuaian dengan sistem pembuktian yang dianut di Indonesia. Namun demi tegaknya hukum di Indonesia dan sesuai dengan tujuan hukum untuk mencapai kebahagiaan bagi masyarakat banyak, maka hal tersebut diterapkan terhadap perkara tindak pidana korupsi secara proporsional dengan menerapkan beban pembuktian secara seimbang (Balanced probability of principles).

Kata Kunci: sistem pembuktian; beban pembuktian terbalik; beban pembuktian seimbang; aset kejahatan; gratifikasi; suap; korupsi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul BEBAN PEMBUKTIAN OLEH TERDAKWA SEBAGAI UPAYA PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA KORUPSI
Pengarang RAKHMAT NUR - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAK b 2021
Subyek sistem pembuktian; beban pembuktian terbalik
beban pembuktian seimbang
aset kejahatan; gratifikasi; suap; korupsi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan ILMU HUKUM
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua