Detail Cantuman Kembali
Amelia Rizky - Personal Name

Analisis Nilai-nilai Karakter Muatan PKn pada Buku Siswa Tema 8 Praja Muda Karana Tahun Pembelajaran 2020/2021

Amelia Rizky, 2020. Analisis Kesesuaian Nilai-nilai Karakter Muatan PKn pada Buku Siswa Tema 8 Praja Muda Karana Kelas III Sekolah Dasar Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini dibimbing oleh Iksam, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Khusnul Khotimah, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilakukan atas rumusan masalah pada penelitian ini tentang bagaimana kesesuaian nilai-nilai karakter muatan PKn pada buku siswa Tema 8 Praja Muda Karana Kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku siswa Tema 8 Praja Muda Karana Kelas III Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada buku teks siswa sekolah dasar dan waktu pelaksanaan pada bulan September-Oktober 2020. Subjek penelitian ini adalah buku teks siswa III tema 8 “Praja Muda Karana” kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi; buku teks dan ceklis kategori.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa buku siswa kelas III tema 8 “Praja Muda Karana” kurikulum 2013 memuat tiga belas nilai karakter untuk pembelajaran PKn. Ketiga belas nilai karakter tersebut ialah (1) Kereligiusan 23, (2) Kejujuran 5, (3) Kecerdasan 4, (4) Ketangguhan 6, (5) Kedemokratisan 10, (6) Kepedulian 5, (7) Nasionalisme 9, (8) Kepatuhan pada Aturan Sosial 8, (9) Menghargai Keberagaman 5, (10) Kesadaran akan Hak dan Kewajiban Diri dan Orang Lain 5, (11) Bertanggungjawab 9, (12) Berpikir Logis, Kritis, Kreatif, dan Inovatif 5, (13) Kemandirian.
Kata Kunci: Nilai Karakter, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Buku Siswa Kelas III.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Nilai-nilai Karakter Muatan PKn pada Buku Siswa Tema 8 Praja Muda Karana Tahun Pembelajaran 2020/2021
Pengarang Amelia Rizky - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AME a 2020
Subyek Nilai Karakter
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Buku Siswa Kelas III
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua