Hubungan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Kelas VIII Di SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Pembelajaran 2020/2021
Eden Margareth Pardosi, 2020. Hubungan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia di SMP Negeri 22 Samarinda. Dibawah bimbingan dari Dr. Hj Syahril Bardin, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Masitah, S.Pd, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia di SMP Negeri 22 Samarinda pada tahun pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Non-equivalent Control Grup Design. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran langsung. Sampel pada penelitian ini adalah kelas A adalah 16 siswa dan Kelas B adalah 16 siswa.
Teknik analisa data menggunakan uji Independent Sample T test dengan taraf signifikasi 5% untuk mengetahui Hubungan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Hasil analisa data menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,42 < 2,042 dengan nilai α 0,05 dan nilai t hitung 7,66 > 1,697 maka Ha diterima, Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan metode pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menjawab pertanyaan level tinggi dikelas eksperimen (VIII-A) di SMP Negeri 22 Samarinda
Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Hubungan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Kelas VIII Di SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Pembelajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Eden Margareth Pardosi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI EDE h 2020 |
Subyek | Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Model Pembelajaran Berbasis Proyek |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY