Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Swasta di Samarinda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan metode cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 212 siswa. Berdasarkan hasil analisis data secara deskriptif diperoleh skor rata-rata disiplin belajar siswa adalah 35,38 tergolong dalam kategori sedang dan prestasi belajar kimia siswa adalah 34,91 tergolong dalam kategori sedang. Dari hasil analisis regrsi linier sedehana Y= a + bX, maka diperoleh persamaan regresinya Y= 38,707 + 0,601X, uji hipotesis uji t diperoleh Sig. (0,000 ) < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif disiplin belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa. Adapun kontribusi koofisien determinasi pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar kimia sebesar 35,2%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif atau signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Swasta di Samarinda.
Kata kunci: Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Kimia.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Swasta di Samarinda |
---|---|
Pengarang | SITI NURJANAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIT p 2020 |
Subyek | Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Kimia |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY