Detail Cantuman Kembali
Rion Saputra - Personal Name

Pengaruh Faktor Lingkungan Toko Terhadap Pembelian Impulsif Pada Oval Mart Sangatta Tahun 2020

Rion Saputra, Pengaruh Faktor Lingkungan Toko Terhadap Pembelian Impulsif Pada Oval Mart Sangatta. Di bawah bimbingan Dr. Reza, S.Pd., M.Pd sebagai Pembimbing I dan Noor Ellyawati, S.Pd., M.M. sebagai Pembimbing II.
Pembelian impulsif terjadi ketika konsumen melihat produk atau merek tertentu, kemudian tertarik untuk mendapatkannya. Oval Mart Sangatta mempuyai konsep penataan barang dengan cara mendisplay barang dan suasana toko yang rapi, sehinggasangat memungkinkan dapat menarik perhatian para konsumen yang berbelanja di oval mart.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor lingkungan toko yang terdiri dari variabel faktor ambien, desain, dan sosial terhadap pembelian impulsif pada pelanggan Oval Mart Sangatta tahun 2020, variabel dominan faktor lingkungan toko terhadap pembelian impulsif pada pelanggan Oval Mart Sangatta tahun 2020, pengaruh yang signifikan dari faktor lingkungan toko terhadap pembelian impulsif pada pelanggan Oval Mart Sangatta tahun 2020.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Oval Mart Sangatta, dengan sampel pada penelitian ini yaitu pengunjung Oval Mart Sangatta yang berbelanja secara impulsif berjumlah 50 orang. Analisis berdasarkan rumus regresi linier sederhana
Hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh faktor ambien terhadap pembelian impulsif pada pelanggan Oval Mart Sangatta (nilai sig 0,010 < 0,05) dengan regresi Y = 14,361 + 0,353X, terdapat pengaruh faktor desain terhadap pembelian impulsif pada pelanggan Oval Mart Sangatta (nilai sig 0,006 < 0,05) dengan regresi Y = 13,438 + 0,304X dan terdapat pengaruh faktor sosial terhadap pembelian impulsif pada pelanggan Oval Mart Sangatta (nilai sig 0,049 < 0,05) dengan regresi Y = 15,590 + 0,296X. Faktor desain merupakan variabel dominan yang berpengaruh terhadap pembelian impulsif pada pelanggan Oval Mart Sangatta tahun 2020 (Kontribusi sebesar 0,149). Terdapat pengaruh faktor lingkungan toko terhadap pembelian impulsif pada pelanggan Oval Mart Sangatta tahun 2020 (Fhitung 4,804 > Ftabel 2,790).
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh faktor lingkungan toko terhadap pembelian impulsif pada pelanggan Oval Mart Sangatta tahun 2020. Disarankan sebaiknya Oval Mart Sangatta semakin memperhatikan faktor lingkungan toko seperti ambien, desain dan sosial karena dapat meningkatkan penjualan dengan terjadinya pembelian impulsive.

Kata Kunci: Lingkungan Toko, Pembelian Impulsif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Faktor Lingkungan Toko Terhadap Pembelian Impulsif Pada Oval Mart Sangatta Tahun 2020
Pengarang Rion Saputra - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIO p 2020
Subyek Pengaruh Faktor Lingkungan Toko
Lingkungan Toko, Pembelian Impulsif
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Ekonomi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua