Detail Cantuman Kembali
Citra Anggraeni - Personal Name

Peran Guru Melalui Komunikasi Interpersonal Anak Autis Dalam Menumbuhkan Sikap Kemandirian Belajar Sekolah Luar BIasa Cemara Wilis Samarinda

Citra Anggraeni, Nim 1302055214 Peran Guru Melalui Komunikasi Interpersonal Anak Autis Dalam Menumbuhkan Sikap Kemandirian Belajar Sekolah Luar Biasa Cemara Wilis Samarinda. Di bawah bimbingan Ibu Rina Rifayanti,S.Psi., M.Psi selaku pembimbing I dan Ibu Kheyene Molekandella B S, S.I.Kom., M.I.Kom selaku pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan, menganalisis. peran guru melalui Komunikasi Interpersonal kepada anak autis dalam menumbuhkan sikap kemandirian belajar slb cemara wilis Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif . Lokasi penelitian berada di Sekolah Luar Biasa Cemara Wilis Samarinda. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan berupa observasi, wawancara, dan penelitian dokumen-dokumen terkait.Dalam penelitian ini untuk memilih informan dilakukan dengan cara teknik purposive sampling, Key Informan yang ditunjuk adalah Kepala Sekolah Luar Biasa Cemara Wilis, Informan yang dipilih guru slb cemara wilis. Hasil penelitian ini menunjukkan komunikasi interpersonal yang bertatap muka dua atau lebih, untuk setiap komunikator dan komunikan menangkap pesan atau reaksi secara verbal dan non verbal, pada peran guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing dan pelajar mampu memberikan dorongan untuk menumbuh kan sikap kemandirian belajar di mulai dari yang dasar. Berdasarkan hasil penelitian komunikasi interpersonal guru terhadap anak autis tidak semua respon pesan dapat dengan baik di terima secara baik verbal mau pun non verbal karena anak autis memiliki gangguan dalam kualitatif secara kompleks perkembangan, komunikasi dan sosial. Anak autis yang di slb cemara wilis ditemukan spesifikasi autis ringan, sedang, dan berat, berarti untuk berkomunikasi dengan anak autis tidak semua bisa memahami pesan verbal komunikasi guru atau tidak sama sekali bisa menangkap serta memahami dengan baik.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Guru, Autis, Kemandirian Belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peran Guru Melalui Komunikasi Interpersonal Anak Autis Dalam Menumbuhkan Sikap Kemandirian Belajar Sekolah Luar BIasa Cemara Wilis Samarinda
Pengarang Citra Anggraeni - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI CIT p 2020
Subyek komunikasi interpersonal, guru,autis, kemandirian
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua