Peran Guru Melalui Komunikasi Interpersonal Anak Autis Dalam Menumbuhkan Sikap Kemandirian Belajar Sekolah Luar BIasa Cemara Wilis Samarinda
Citra Anggraeni, Nim 1302055214 Peran Guru Melalui Komunikasi Interpersonal Anak Autis Dalam Menumbuhkan Sikap Kemandirian Belajar Sekolah Luar Biasa Cemara Wilis Samarinda. Di bawah bimbingan Ibu Rina Rifayanti,S.Psi., M.Psi selaku pembimbing I dan Ibu Kheyene Molekandella B S, S.I.Kom., M.I.Kom selaku pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan, menganalisis. peran guru melalui Komunikasi Interpersonal kepada anak autis dalam menumbuhkan sikap kemandirian belajar slb cemara wilis Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif . Lokasi penelitian berada di Sekolah Luar Biasa Cemara Wilis Samarinda. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan berupa observasi, wawancara, dan penelitian dokumen-dokumen terkait.Dalam penelitian ini untuk memilih informan dilakukan dengan cara teknik purposive sampling, Key Informan yang ditunjuk adalah Kepala Sekolah Luar Biasa Cemara Wilis, Informan yang dipilih guru slb cemara wilis. Hasil penelitian ini menunjukkan komunikasi interpersonal yang bertatap muka dua atau lebih, untuk setiap komunikator dan komunikan menangkap pesan atau reaksi secara verbal dan non verbal, pada peran guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing dan pelajar mampu memberikan dorongan untuk menumbuh kan sikap kemandirian belajar di mulai dari yang dasar. Berdasarkan hasil penelitian komunikasi interpersonal guru terhadap anak autis tidak semua respon pesan dapat dengan baik di terima secara baik verbal mau pun non verbal karena anak autis memiliki gangguan dalam kualitatif secara kompleks perkembangan, komunikasi dan sosial. Anak autis yang di slb cemara wilis ditemukan spesifikasi autis ringan, sedang, dan berat, berarti untuk berkomunikasi dengan anak autis tidak semua bisa memahami pesan verbal komunikasi guru atau tidak sama sekali bisa menangkap serta memahami dengan baik.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Guru, Autis, Kemandirian Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peran Guru Melalui Komunikasi Interpersonal Anak Autis Dalam Menumbuhkan Sikap Kemandirian Belajar Sekolah Luar BIasa Cemara Wilis Samarinda |
---|---|
Pengarang | Citra Anggraeni - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI CIT p 2020 |
Subyek | komunikasi interpersonal, guru,autis, kemandirian |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY