UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DAN KONTROL PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS XI MIPA 7 SMA NEGERI 1 SAMARINDA
Muh. Ilham, 2020. Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Passing dan Kontrol Permainan Sepak Bola Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa SMA NEGERI 1 Samarinda. Program Studi Penjaskesrek Faklutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Samarinda. Dibimbing oleh Jance J Sapulete, S.Pd,M.Pd selaku Pembimbing I dan Muh. Ramli Buhari, S.Pd.,M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing dan kontrol permainan sepak bola pada siswa kelas XI MIPA 7 SMA NEGERI 1 Samarinda melalui penerapan pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan untuk tiap siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 7 SMA NEGERI 1 Samarinda tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 siswa. Dari 35 siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa dan dari 35 siswa yang tidak tuntas sebanyak 24 siswa. Sumber data untuk penelitian berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan tes keterampilan, pengetahuan dan juga mengamati perilaku siswa sebagai penilaian pada aspek sikap. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar passing dan kontrol permainan sepak bola pada siswa dari prasiklus ke siklus satu dan dari siklus satu ke siklus dua. Dari analisis data diperoleh hasil pada siklus satu terjadi peningkatan hasil belajar passing dan kontrol permainan sepak bola untuk siswa yang tuntas yaitu 16 siswa atau mencapai 45,71%. Sedangkan pada siklus dua siswa yang tuntas yaitu 35 siswa atau mencapai 100% . Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) tepat digunakan dalam pembelajaran permainan bola besar khususnya passing dan kontrol sepak bola.
Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar, Passing dan Kontrol, Sepak Bola, Model Pembelajaran Kooperatif STAD.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DAN KONTROL PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS XI MIPA 7 SMA NEGERI 1 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | MUH. ILHAM - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH u 2020 |
Subyek | Model Pembelajaran Kooperatif STAD Passing dan Kontrol, Sepak Bola Meningkatkan Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | penjaskesrek |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY