Pengaruh Media Pembelajaran Schoology Terhadap Disiplin dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Schoology adalah Aplikasi layanan gratis yang digunakan untuk sekolah yang bertujuan menghemat waktu dan kertas, mempermudah pembuatan kelas, mendistribusikan tugas, berkomunikasi dan terorganisir. Tujuan utama schoology adalah untuk membantu guru dalam membuka kesempatan komunikasi yang luas kepada siswa agar siswa dapat lebih mudah untuk mengambil peran/bagian dalam diskusi dan kerja sama dalam tim.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran schoology terhadap disiplin belajar dan kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan larutan non elektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian True eksperimen dan bentuk desainnya yaitu Posttest Only Control Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA II (Eksperimen) dan XI IPA I (Kontrol) dengan jumlah 33 siswa untuk tiap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Materi yang digunakan adalah Larutan elektrolit dan larutan non elektrolit. Hasil penelitian pada angket kemandirian belajar menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,72 dan kelas kontrol adalah 71,51. Analisis statistik menggunakan uji-t didapatkan thitung, 8,98 > ttabel 2,00 yang berarti bawah terdapat pengaruh media pembelajaran schoology terhadap kemandirian belajar siswa, serta hasil penelitian pada angket disiplin belajar belajar, serta hasil penelitian pada angket disiplin belajar belajar menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,74 dan kelas kontrol adalah 71,49. Analisis statistik menggunakan uji-t dan didapatkan thitung, 10,44 > ttabel, 1,99 berarti terdapat pengaruh media pembelajaran schoology terhadap disiplin belajar siswa. Taraf signifikan 0,05.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Media Pembelajaran Schoology Terhadap Disiplin dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit |
---|---|
Pengarang | Wahdaniah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WAH p 2020 |
Subyek | Schoology, Kemandirian Belajar, Disiplin Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY