Detail Cantuman Kembali
NURFADILLAH FITRIAH - Personal Name

Penerapan Model Pembelajaran Sentra Main Peran Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Melati Putih Plus Samarinda

Nurfadillah Fitriah, 2020, Penerapan Model Pembelajaran Sentra Main Peran Dalam Mengembangkna Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Melati Putih Plus Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian Ini Dibawah Bimbingan Prof. Dr. Lambang Subagiyo Selaku Pembimbing I Dan Dr. H. Budi Rahardjo Selaku Pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancangan guru dalam pembelajaran sentra main dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Melati Putih Plus Samarinda, (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran sentra main peran dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Melati Putih Plus Samarinda, (3) mengetahui perkembangan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 5-6 tahun setelah medapatkan pembelajaran sentra main peran di TK Melati Putih Plus Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengamatan (observasi), wawancara mendalam dan dokumentasi. Dan hasil pengumpulan data dikelompokkan kemudian dianalisis menggunakan model Miles & A. Michael Huberman dengan tahapan: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rancangan guru dalam penerapan sentra main peran dilakukan dengan menyusun RPPM dan RPPH. Kemudian guru merancang sentra main peran melalui 4 tahap: (a) menentukan tema, (b) menentukan kegiatan, (c) menyeting ruangan, (d) menentukan alat dan bahan, (e) memperaktekan kegiatan yang telah dirancang dengan menarik. (2) proses penerapan model pembelajaran sentra main peran telah menunjukkan hasil yang baik pada proses penerapannya dan sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah dirancang oleh guru sebelumnya. (3) kemampuan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 5-6 tahun setelah penerapan model pembelajaran sentra main peran dapat berkembang sangat baik dan sesuai dengan indikator pencapaian perkembangan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 5-6 tahun seperti mampu mengekspresikan diri serta mampu bekerja sama dengan kompleks. Berdasarkan uraian hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa rancangan model pembelajaran sentra main peran guru terlaksana dengan baik dan sesuai pada indikator pencapaian guru dan anak.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Penerapan Model Pembelajaran Sentra Main Peran Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Melati Putih Plus Samarinda
Pengarang NURFADILLAH FITRIAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p 2020
Subyek Anak Usia 5-6 tahun, Kecerdasan intrapersonal dan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua