Penerapan Model Pembelajaran Sentra Main Peran Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Melati Putih Plus Samarinda
Nurfadillah Fitriah, 2020, Penerapan Model Pembelajaran Sentra Main Peran Dalam Mengembangkna Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Melati Putih Plus Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian Ini Dibawah Bimbingan Prof. Dr. Lambang Subagiyo Selaku Pembimbing I Dan Dr. H. Budi Rahardjo Selaku Pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancangan guru dalam pembelajaran sentra main dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Melati Putih Plus Samarinda, (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran sentra main peran dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Melati Putih Plus Samarinda, (3) mengetahui perkembangan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 5-6 tahun setelah medapatkan pembelajaran sentra main peran di TK Melati Putih Plus Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengamatan (observasi), wawancara mendalam dan dokumentasi. Dan hasil pengumpulan data dikelompokkan kemudian dianalisis menggunakan model Miles & A. Michael Huberman dengan tahapan: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rancangan guru dalam penerapan sentra main peran dilakukan dengan menyusun RPPM dan RPPH. Kemudian guru merancang sentra main peran melalui 4 tahap: (a) menentukan tema, (b) menentukan kegiatan, (c) menyeting ruangan, (d) menentukan alat dan bahan, (e) memperaktekan kegiatan yang telah dirancang dengan menarik. (2) proses penerapan model pembelajaran sentra main peran telah menunjukkan hasil yang baik pada proses penerapannya dan sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah dirancang oleh guru sebelumnya. (3) kemampuan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 5-6 tahun setelah penerapan model pembelajaran sentra main peran dapat berkembang sangat baik dan sesuai dengan indikator pencapaian perkembangan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 5-6 tahun seperti mampu mengekspresikan diri serta mampu bekerja sama dengan kompleks. Berdasarkan uraian hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa rancangan model pembelajaran sentra main peran guru terlaksana dengan baik dan sesuai pada indikator pencapaian guru dan anak.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Model Pembelajaran Sentra Main Peran Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Melati Putih Plus Samarinda |
---|---|
Pengarang | NURFADILLAH FITRIAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2020 |
Subyek | Anak Usia 5-6 tahun, Kecerdasan intrapersonal dan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY