Kesalahan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan, Garis dan Sudut di Kelas VII-G Semester II SMP Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017
Nova Hasdiana Pasa, 2019. Kesalahan siswa dalam pembelajaran matematika materi himpunan, garis dan sudut di kelas VII-G semester II smp negeri 16 samarinda tahun ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. H. Kukuh, M.Pd, (II) Dra.Ariantje Dimpudus,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam pembelajaran matematika materi himpunan, garis dan sudut pada siswa kelas VII-G SMP Negeri 16 Samarinda tahun ajaran 2016/2017.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-G sebanyak 32. Objek penelitian adalah jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Observasi dilakukan sebanyak 19 kali pertemuan pada kelas VII-G, dokumentasi berupa catatan siswa dan pekerjaan siswa. Wawancara dilakukan kepada 8 siswa yang melakukan kesalahan terbanyak dan mewakili kesalahan bervariasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi yaitu membandingkan data hasil dokumentasi dan data hasil wawancara. Data observasi digunakan sebagai penguat pada hasil analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa terdapat jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah (1) kesalahan fakta, (2) kesalahan konsep, (3) kesalahan operasi, (4) kesalahan prinsip dan (5) temuan. Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah (1) kurangnya pemahaman tentang penggunaan simbol, (2) ketidakpahaman maksud dari soal, (3) ketidaktelitian dalam menjawab, (4) ketidakmampuan siswa dalam menggunakan simbol, (5) ketidakterampilan menggunakan alat pendukung, (6) tidak menguasai materi prasyrat, (7) kurang berlatih dengan variasi soal, (8) intelegensi siswa, (9) terburu-buru dalam menjawab, (10) tidak memeperhatikan guru menjelaskan, (11) tidak menguasai konsep pembagian dua suku bilangan tak sejenis, (12) tidak mencatat, (13) tidak menguasai materi dasar sudut
Kata Kunci: Jenis kesalahan, faktor penyebab, himpunan, garis dan sudut
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Kesalahan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan, Garis dan Sudut di Kelas VII-G Semester II SMP Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | Nova Hasdiana Pasa - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NOV k 2019 |
Subyek | faktor penyebab, himpunan, garis dan sudut Jenis kesalahan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY