Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) berbantuan Media Aplikasi iPusnas Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Materi Tingkat Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 1 Loa Janan
Andika, 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) Berbantuan Media Aplikasi iPusnas Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Materi Tingkat Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negeri 1 Loa Janan. Dibawah bimbingan dari Dr. Didimus Tanah Boleng, M.Kes selaku pembimbing I dan Dr. Evie Palenewen, M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh dari penerapan model pembelajaran SQ3R berbantuan media aplikasi iPusnas terhadap pemahaman konsep dan minat membaca siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMA Negeri 1 Loa Janan. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dan model pembelajaran SQ3R berbantuan media aplikasi iPusnas pada kelas perlakuan. Sementara variabel terikat penelitian ini adalah pemahaman konsep dan minat membaca siswa. Penelitian ini berjenis quasi experimental design dengan tipe pretest-posttest non-equivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample t Test dengan taraf signifikansi 5 % untuk mengetahui pengaruh SQ3R berbantuan media aplikasi iPusnas terhadap pemahaman konsep dan minat membaca siswa.
Hasil analisis data untuk pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Adapun, hasil analisis data untuk minat membaca siswa menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 yang berarti juga Ha diterima. Sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran SQ3R berbantuan media aplikasi iPusnas terhadap pemahaman konsep dan minat membaca siswa pada mata pelajaran biologi materi tingkat keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 1 Loa Janan.
Kata Kunci: SQ3R, iPusnas, pemahaman konsep, minat membaca
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) berbantuan Media Aplikasi iPusnas Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Materi Tingkat Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 1 Loa Janan |
---|---|
Pengarang | ANDIKA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AND p 2020 |
Subyek | SQ3R, iPusnas, pemahaman konsep, minat membaca |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY