Detail Cantuman Kembali
ANDIKA - Personal Name

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) berbantuan Media Aplikasi iPusnas Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Materi Tingkat Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 1 Loa Janan

Andika, 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) Berbantuan Media Aplikasi iPusnas Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Materi Tingkat Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negeri 1 Loa Janan. Dibawah bimbingan dari Dr. Didimus Tanah Boleng, M.Kes selaku pembimbing I dan Dr. Evie Palenewen, M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh dari penerapan model pembelajaran SQ3R berbantuan media aplikasi iPusnas terhadap pemahaman konsep dan minat membaca siswa pada mata pelajaran biologi kelas X SMA Negeri 1 Loa Janan. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dan model pembelajaran SQ3R berbantuan media aplikasi iPusnas pada kelas perlakuan. Sementara variabel terikat penelitian ini adalah pemahaman konsep dan minat membaca siswa. Penelitian ini berjenis quasi experimental design dengan tipe pretest-posttest non-equivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample t Test dengan taraf signifikansi 5 % untuk mengetahui pengaruh SQ3R berbantuan media aplikasi iPusnas terhadap pemahaman konsep dan minat membaca siswa.
Hasil analisis data untuk pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Adapun, hasil analisis data untuk minat membaca siswa menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 yang berarti juga Ha diterima. Sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran SQ3R berbantuan media aplikasi iPusnas terhadap pemahaman konsep dan minat membaca siswa pada mata pelajaran biologi materi tingkat keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 1 Loa Janan.

Kata Kunci: SQ3R, iPusnas, pemahaman konsep, minat membaca

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) berbantuan Media Aplikasi iPusnas Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Materi Tingkat Keanekaragaman Hayati Kelas X SMAN 1 Loa Janan
Pengarang ANDIKA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AND p 2020
Subyek SQ3R, iPusnas, pemahaman konsep, minat membaca
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua