Penerapan Metode Bermain Berbasis Kertas Origami Dalam Mengembangkan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Barakallah Samarinda
Agaen Gizbara Aulia Fatimah, 2020. Penerapan Metode Bermain Berbasis Dalam Mengembangkan Motorik Halus dan kreativitas Anak Usia 4-5 tahun di TK Barakallah Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si selaku pembimbing I dan Dr. H. Budi Rahardjo, M.S selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana guru merancang pembelajaran bermain berbasis kertas origami dalam mengembangkan motorik halus dan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Barakallah Samarinda, (2) untuk mengetahui pembelajaran bermain berbasis kertas origami dalam mengembangkan motorik halus dan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Barakallah Samarinda, (3) untuk mengetahui perkembangan motorik halus dan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Barakallah Samarinda. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini (1) observasi untuk mengumpulkan data mengenai pembelajaran bermain berbasis kertas origami, dan perkembangan motorik halus dan kreativitas anak, (2) teknik wawancara yang dilakukan kepada guru di sentra seni kreativitas dan kepala sekolah, (3) teknik dokumentasi sebagai penunjang untuk memperoleh data lapangan. Dan hasil pengumpulan data dikelompokkan kemudian dianalisis menggunakan model data interaktif Miles & Huberman dengan tahapan (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru merancang pembelajaran berupa RPPM dan RPPH dengan berdasarkan model pembelajaran yang dibuat khusus oleh sekolah, (2) Proses pembelajaran bermain berbasis kertas origami dalam mengembangkan motorik halus dan kreativitas pada anak usia 4-5 tahun di TK Barakallah Samarinda dalam prosesnya guru mempersiapkan alat dan bahan yang sesuai dengan kebutuhan, guru menjelaskan tentang tema dan sub tema, (3) Perkembangan motorik halus dan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Barakallah Samarinda berkembang sangat baik (BSB) karena penerapan yang diberikan oleh guru sesuai dengan tahap-tahap perkembangan motorik halus dan kreativitas anak.
Kata kunci : Pembelajaran bermain, media kertas origami, perkembangan motorik halus dan kreativitas
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Metode Bermain Berbasis Kertas Origami Dalam Mengembangkan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Barakallah Samarinda |
---|---|
Pengarang | Agaen Gizbara Aulia Fatimah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AGA p 2020 |
Subyek | perkembangan motorik halus dan kreativitas Pembelajaran bermain, media kertas origami |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY