Detail Cantuman Kembali
Adamul Khair - Personal Name

Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di Kelas VIII MTs Darul Anggana Tahun Ajaran 2019/2020

Khair, Adamul. 2013. Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di Kelas VIII MTs Darul Anggana Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Dra. Suriaty, M.Pd dan (II) Drs. Kukuh, M.Pd
.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Darul Ihsan Anggana Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII sebanyak 83 orang. Sedangkan objeknya adalah kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa kelas VIII semester II tahun ajaran 2019/2020 dalam menyelesaikan soal materi pokok bahasan lingkaran. Pengumpulan data melalui tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 8 butir.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan distribusi persentase, yaitu mendeskripsikan kemampuan siswa secara keseluruhan, kemampuan menyelesaikan soal berdasarkan nomor soal, menentukan kemampuan menyelesaikan soal matematika berdasarkan langkah pemecahan masalah, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Analisis data secara keseluruhan adalah 2 siswa dengan kemampuan baik sekali dengan persentase 2.41%, 20 siswa dengan persentase 24.10% pada kategori baik, 21 siswa dengan persentase 25.30% pada kategori cukup, 18 siswa dengan persentase 21.69% pada kategori kurang dan 22 siswa dengan persentase 26.51% pada kategori kurang sekali. Tingkat kemampuan menyelesaikan soal pada materi pokok lingkaran untuk butir soal tes termasuk dalam kategori kurang sekali, yaitu dengan nilai rata-rata 49.81%. Tingkat kemampuan menyelesaikan soal pada materi pokok lingkaran siswa berdasarkan langkah pemecahan masalah pada tahap mengidentifikasi dan memahami masalah dalam kategori cukup yaitu 68.15, tahap merancang/merumuskan penyelesaian masalah termasuk dalam kategori kurang yaitu 68.15, tahap melaksanakan pemecahan masalah termasuk dalam kategori kurang yaitu 55.42, dan pada tahap menginterpretasikan hasil dan membuat kesimpulan termasuk dalam kategori kurang yaitu 55.42.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika kelas VIII MTs Darul Ihsan Anggana Tahun Ajaran 2019/2020 adalah kurang sekali.

Kata Kunci: Kemampuan, Menyelesaikan Masalah, Lingkaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di Kelas VIII MTs Darul Anggana Tahun Ajaran 2019/2020
Pengarang Adamul Khair - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADA k 2020
Subyek Kemampuan
Menyelesaikan Masalah
Lingkaran
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan MIPA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua