Kesalahan-Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Integral Siswa Kelas XII SMA Budi Luhur Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal integral di SMA Budi Luhur Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Budi Luhur Samarinda tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperolah 5 jenis kesalahan dan besar presentase untuk setiap jenis kesalahan yaitu kesalahan konseptual 33,71%, kesalahan prosedural 42,70%, kesalahan teknik 13,48%, kesalahan hitung 8,99% dan jawaban sebarang 1,12%. Hasil menunjukan kesalahan prosedural lebih dominan dibandingkan kesalahan lainya. Secara umum penyebab kesalahan adalah rendahnya pemahaman konsep integral dan rendahnya penalaran dalam manipulasi bentuk aljabar. Faktor yang paling berpengaruh adalah siswa tidak terbiasa menggunakan tahapan pemecahan masalah dengan benar dan kurangnya latihan mengerjakan soal matematika.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Kesalahan-Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Integral Siswa Kelas XII SMA Budi Luhur Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | Ardiansyah Yudha Ardana - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ARD k 2020 |
Subyek | kesalahan, soal matematika, integral |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | MIPA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY