Detail Cantuman Kembali

Penerapan Flipped Classroom untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah TOEFL Preparation Program Studi S1 Pemerintahan Integratif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman

Rabiyatun Ummu Kaltsum Ayub. Penerapan Flipped Classroom untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Toefl Preparation Program Studi S1 Pemerintahan Integratif (S1 PIN) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.
Pada pembelajaran tradisional, dosen menjadi pusat pembelajaran dan mendominasi kegiatan pembelajaran. Hal tersebut membuat pemanfaatan waktu belajar digunakan untuk penjelasan dosen dibanding kegiatan aktif mahasiswa. Kurangnya keterlibatan mahasiswa di dalam proses pembelajaran membuat mahasiswa kurang termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk meningkatkan aktivitas dosen dan mahasiswa dengan menerapkan Flipped Classroom dalam proses pembelajaran TOEFL Preparation; 2) untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dengan menerapkan Flipped Classroom dalam proses pembelajaran TOEFL Preparation; 3) untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkan Flipped Classroom dalam proses pembelajaran TOEFL Preparation. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Alur penelitian tindakan kelas Model Kemmis & Mc Taggart terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Hasil penelitian ini meliputi: 1) data aktivitas dosen dan aktivitas mahasiswa yang dikumpulkan melalui lembar observasi dan dokumentasi; 3) data motivasi belajar mahasiswa yang dikumpulkan melalui angket daring Google Form dan observasi; 4) data hasil belajar mahasiswa berupa nilai yang dikumpulkan melalui kuis daring di Edmodo. Pada akhir siklus III, terjadi peningkatan kualitas aktivitas dosen dan mahasiswa, motivasi dan hasil belajar mahasiswa di dalam pembelajaran dengan diterapkannya Flipped Classroom.
Kata Kunci: Flipped Classroom, Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Penerapan Flipped Classroom untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah TOEFL Preparation Program Studi S1 Pemerintahan Integratif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
Pengarang Rabiyatun Ummu Kaltsum Ayub - Personal Name
No. Panggil TESIS RAB p 2018
Subyek flipped classroom, Aktivitas, Motivasi, Hasil Bela
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Magister Manajemen Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua