Penerapan Flipped Classroom untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah TOEFL Preparation Program Studi S1 Pemerintahan Integratif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
Rabiyatun Ummu Kaltsum Ayub. Penerapan Flipped Classroom untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Toefl Preparation Program Studi S1 Pemerintahan Integratif (S1 PIN) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.
Pada pembelajaran tradisional, dosen menjadi pusat pembelajaran dan mendominasi kegiatan pembelajaran. Hal tersebut membuat pemanfaatan waktu belajar digunakan untuk penjelasan dosen dibanding kegiatan aktif mahasiswa. Kurangnya keterlibatan mahasiswa di dalam proses pembelajaran membuat mahasiswa kurang termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk meningkatkan aktivitas dosen dan mahasiswa dengan menerapkan Flipped Classroom dalam proses pembelajaran TOEFL Preparation; 2) untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dengan menerapkan Flipped Classroom dalam proses pembelajaran TOEFL Preparation; 3) untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkan Flipped Classroom dalam proses pembelajaran TOEFL Preparation. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Alur penelitian tindakan kelas Model Kemmis & Mc Taggart terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Hasil penelitian ini meliputi: 1) data aktivitas dosen dan aktivitas mahasiswa yang dikumpulkan melalui lembar observasi dan dokumentasi; 3) data motivasi belajar mahasiswa yang dikumpulkan melalui angket daring Google Form dan observasi; 4) data hasil belajar mahasiswa berupa nilai yang dikumpulkan melalui kuis daring di Edmodo. Pada akhir siklus III, terjadi peningkatan kualitas aktivitas dosen dan mahasiswa, motivasi dan hasil belajar mahasiswa di dalam pembelajaran dengan diterapkannya Flipped Classroom.
Kata Kunci: Flipped Classroom, Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penerapan Flipped Classroom untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah TOEFL Preparation Program Studi S1 Pemerintahan Integratif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman |
---|---|
Pengarang | Rabiyatun Ummu Kaltsum Ayub - Personal Name |
No. Panggil | TESIS RAB p 2018 |
Subyek | flipped classroom, Aktivitas, Motivasi, Hasil Bela |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister Manajemen Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY