Analisis Usaha dan Pemasaran Keripik Ikan Bawis (Siganus canaliculatus) Saputra Snack Pak Ucil di Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keuntungan usaha pengolahan keripik ikan bawis, dan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran keripik ikan bawis serta untuk mengetahui besarnya margin, efesiensi pemasaran dan farmer share usaha keripik ikan bawis Saputra Snack Pak Ucil. Pengumpulan data primer dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 di UMKM Saputra Snack Pak Ucil Kota Bontang, dengan cara wawancara menggunakan daftar pertanyaan. Untuk mendapatkan data berkaitan dengan saluran pemasaran, efesiensi pemasaran dan Farmer’s Share, digunakan metode sampling bolasalju. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa usaha dan pemasaran keripik ikan bawis Pak Ucil menguntungkan. Pemasaran produk menggunakan saluran pemasaran nol tingkat dan saluran pemasaran satu tingkat. Margin pemasarannya adalah sebesar Rp. 2.000, adapun efesiensi pemasaran adalah sebesar 1.95%, farmer’s share adalah sebesar 90% harga yang diterima produsen.
Kata Kunci: Keripik Ikan Bawis, Margin dan Efesiensi Pemasaran. Serta Farmers Share.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Usaha dan Pemasaran Keripik Ikan Bawis (Siganus canaliculatus) Saputra Snack Pak Ucil di Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur |
---|---|
Pengarang | Syahrani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SYA a 2020 |
Subyek | Margin & Efesiensi Pemasaran. Serta Farmers Share Keripik Ikan Bawis |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Sosial Ekonomi Perikanan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY