PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. HAPPY VACATION TRIP INDONESIA (Studi Pada Perjalanan Wisata Pulau Derawan)
CV. Happy Vacation Trip Indonesia merupakan usaha kecil menengah bergerak di bidang pariwisata yang hanya memfokuskan perjalanan wisata untuk wilayah Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh secara simultan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Happy Vacation Trip Indonesia, pengaruh secara parsial kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Happy Vacation Trip Indonesia serta variabel dari kualitas pelayanan antara bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Happy Vacation Trip Indonesia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel independen adalah bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati, sedangkan variabel dependen adalah kepuasan pelanggan. Sampel adalah pelanggan yang sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa pada CV. Happy Vacation Trip Indonesia pada tahun 2018 berjumlah 82 orang. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Happy Vacation Trip Indonesia. Ada pengaruh secara parsial kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Happy Vacation Trip Indonesia, yang berarti hipotesis kedua diterima. Variabel jaminan merupakan variabel dari kualitas pelayanan yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Happy Vacation Trip Indonesia.
Disarankan perlunya peningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan karena hal ini sesuai dengan salah satu misi dari CV. Happy Vacation Trip Indonesia.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. HAPPY VACATION TRIP INDONESIA (Studi Pada Perjalanan Wisata Pulau Derawan) |
---|---|
Pengarang | Nurhady Putra Anas - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2020 |
Subyek | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | administrasi bisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY