Detail Cantuman Kembali
Adithia Wiranata - Personal Name

Potensi Bakteri Paenibacillus polymyxa dan Jamur Trichoderma Sp Sebagai Pestisida Hayati Pengendali Penyakit Hawar Daun Jagung (Zea Mays L)

Penyakit Hawar Daun Jagung yang disebabkan oleh cendawan Helmintosporium turcicum merupakan salah satu penyakit yang banyak ditemukan pada tanaman jagung. Penyakit ini menyerang pada fase vegetatif dan menyebabkan hilangnya hasil hingga 50%. Sebagian besar petani mengendalikan penyakit dengan menggunakan pestisida kimia yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Sedangkan penelitian ini menawarkan pengendalian dengan menggunakan pestisida hayati dengan bakteri Paenibacilus polymyxa Mace dan jamur Trichoderma Sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Paenibacillus polymyxa Mace dan Trichoderma Sp. dan kombinasi keduanya melawan penyakit Hawar Daun di perkebunan jagung. Percobaan dilakukan dengan Rancangan Acak Kelompok Lengkap. Ada empat perlakuan yaitu P0 (kontrol), P1 (10 ml Paenibacillus polymyxa Mace), P2 (10 ml Trichoderma Sp.), dan P3 ( 5 ml Paenibacillus polymyxa Mace dan Trichoderma SP.) Dengan 5 (lima) ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua perlakuan efektif dalam menekan penyakit hawar daun pada jagung, sedangkan Trichoderma Sp. memberikan pengaruh terbaik dalam pengendalian penyakit hawar daun pada tanaman jagung.
Kata kunci: Penyakit Hawar Daun, Paenibacillus polymyxa Mace, Trichoderma Sp.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Potensi Bakteri Paenibacillus polymyxa dan Jamur Trichoderma Sp Sebagai Pestisida Hayati Pengendali Penyakit Hawar Daun Jagung (Zea Mays L)
Pengarang Adithia Wiranata - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADI p 2020
Subyek Penyakit Hawar Daun, Paenibacillus polymyxa Mace,
Trichoderma Sp.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua