KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 2 SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: 1) upaya-upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui implementasi teknologi informasi komunikasi di SMP Negeri 2 Sangatta Utara meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan tindak lanjut, 2) faktor-faktor yang mendukung peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi teknologi informasi komunikasi di SMP Negeri 2 Sangatta Utara, dan 3) faktor-faktor yang menghambat peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi teknologi informasi komunikasi di SMP Negeri 2 Sangatta Utara. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) upaya-upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan melalui: a. perencanaan meliputi: program penyusunan visi dan misi sekolah, program rencana jangka pendek, menengah dan panjang, program peningkatan sarana dan prasarana sekolah, b. pelaksanaan meliputi: pemberdayakan melalui mitra sekolah, penyediaan sarana dan prasarana sekolah berbasis TIK, peningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan, penerapan administrasi sekolah berbasis online, c. pengawasan meliputi: pengawasan supervisi pembelajaran, pengawasan sekolah dengan orangtua siswa melaui media group whatsapp, pengawasan sekolah dalam hal kehadiran siswa dan guru melaui fasilitas finger print, dan d. Tindak lanjut meliputi: kerjasama dengan mitra sekolah, membuat laporan tahunan, membuat laporan penilaian kinerja guru, dan sebagai alat bantu manajemen sekolah. (2) faktor-faktor pendukung antara lain: a. sarana dan prasarana, b. sumber daya manusia c. dukungan dari mitra sekolah, (3) faktor-faktor penghambat antara lain: a. pendanaan sekolah, b. kurangnya kompetensi guru, c. kesiapan siswa, dan d. masalah jaringan internet. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan, dan Teknologi Informasi komunikas
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 2 SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR |
---|---|
Pengarang | SUMARNA - Personal Name |
No. Panggil | TESIS SUM k 2020 |
Subyek | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan, dan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Manajemen Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY