Identifikasi Nilai-nilai Karakter Dalam Buku Teks Kurikulum 2013 Tema 5 Pengalamanku Pada Kelas I Sekolah Dasar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buku-buku yang ditarik ulang dan meresahkan dunia pendidikan, bukan hanya buku-buku pelajaran umum. Akan tetapi, terdapat pula buku agama yang ditarik dari peredaran karena memuat ajaran yang menyimpang. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan nilai karakter yang ada pada buku teks kurikulum 2013 tema 5 pengalamanku dan manfaat penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan peningkatan karakter melalui model integrasi di dalam materi pelajaran sekolah dasar dan juga sebagai referensi dalam perbaikan buku selanjutnya dan digunakan sebagai panduan bagi pengguna buku teks kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian Analisis Konten dengan subjek subtema yang ada di buku teks kurikulum 2013 tema Pengalamanku. Sebagai objek penelitian adalah muatan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku teks tersebut. Teknik penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis dan pencatatan dengan cermat terhadap buku teks Kurikulum 2013 Tema 5 Pengalamanku kelas I semester dua Sekolah Dasar. Teknik analisis konten yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan teknik analisis konten terdiri atas enam langkah. Enam langkah tersebut yaitu, “Unitizing, sampling, recording, reducing, inferring, narrating”. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Buku teks kurikulum 2013 tema pengalamanku kelas I semester dua telah mengembangkan nilai karakter religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri. nilai karakter dengan frekuensi kemunculan terbanyak yaitu nilai karakter jujur, santun, percaya diri, tanggung jawab, peduli dan religius. nilai karakter disiplin memiliki frekuensi kemunculan terendah dari setiap subtema. (2) Kesesuaian nilai karakter terhadap indikator ditemukan kata yang tidak sesuai yaitu kasih sayang, tetapi karakter di luar indikator KI 1 dan KI 2 masih termasuk dalam karakter baik. (3) Teknik penyajian nilai karakter yang digunakan dalam buku teks kurikulum 2013, yaitu pengungkapan nilai karakter, pengintegrasian nilai karakter, menggunakan lagu, cerita dan drama untuk memunculkan nilai karakter, mengubah hal-hal negatif menjadi positif, serta melakukan praktik lapangan untuk memunculkan nilai karakter. Kesimpulan dari analisis yang telah dilakukan secara keseluruhan memuat tujuh nilai karakter sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.64 Tahun 2013, tentang Standar Isi Pendidikan dan Dasar dan Menengah.
Kata Kunci: Identifikasi, Nilai Karakter, Buku Teks, Kurikulum 2013.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Identifikasi Nilai-nilai Karakter Dalam Buku Teks Kurikulum 2013 Tema 5 Pengalamanku Pada Kelas I Sekolah Dasar |
---|---|
Pengarang | IRAWATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI IRA i 2020 |
Subyek | Identifikasi, Nilai Karakter Buku Teks, Kurikulum 2013. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY