Detail Cantuman Kembali
Rahmat Arya Winata - Personal Name

PENGOMPOSAN LIMBAH RUMAH TANGGA DENGAN METODE TAKAKURA

Rahmat Arya Winata DosenPembimbing
NIM 0709035036 I. Edhi Sarwono, S.T.,M.Eng.
Program StudiTeknikLingkungan IIBudi Nining Widarti, S.T.,M.Eng
2014, 51 Halaman

PENGOMPOSAN LIMBAH RUMAH TANGGADENGAN METODE TAKAKURA

ABSTRAK

Pertumbuhanpenduduk yang semakinbanyaksertameningkatnyaaktivitasmasyarakatmenjadidasaradanyapertambahanjumlahsampah yang dihasilkansetiapharinya.Keberadaansampahdenganjumlahbanyakmenjadimasalahlingkungandankesehatan. Sampah diperkotaan telah menjadi perhatian bagi pemerintah pada khususnya serta pihak swasta dan masyarakat pada umumnya. Penelitianinimembahastentangpotensipengomposanuntuk sampah domestikdenganvariasipencampurannutrisi berupa Effective Microorganism 4dan starter berupakotoransapi, serta sampah domestik sebagai variabel kontrol.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiseberapabesarpotensikompos untuk sampah domestikdenganpenambahannutrisidan starter berupakotoransapi, rasio C/N untuk menentukan kematangan kompos, serta mengamati perubahan visual selama pengomposan.
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode takakura. Penelitian dibagi menjadi empat variabel dengan perlakuan yang berbeda. Reaktor 1 merupakan sampah domestik tanpa penambahan nutrisi dan starter sebagai variabel kontrol, Reaktor 2 merupakan sampah domestik dengan penambahan nutrisi yaitu EM4, Reaktor 3 merupakan sampah domestik dengan penambahan starter yaitu kotoran sapi, Reaktor 4 merupakan sampah domestik dengan penambahan nutrisi dan starter.Setiap reaktor dilakukan diruangan terbuka. Parameter yang dilakukan setiap hari pada saat perlakuan adalah pH, suhu, dan kelembaban, dan parameter kadar air dihitung satu minggu sekali, serta pengukuran rasio C/N pada hari ke 38 perlakuan.
Dari hasilpenelitian yang dilakukan, didapatkanperhitungan rasio C/N awal dan uji laboratorium pada hari ke 38 perlakuan padaReaktor1rasio C/N sebelum pengomposan yaitu 28,75 menjadi 14,32 pada hari ke 38 perlakuan.Rasio C/NReaktor 2 sebelum pengomposan yaitu 14,14 menjadi 5.59 pada hari ke 38 perlakuan.Rasio C/NReaktor 3 sebelum pengomposan yaitu32,92 menjadi 13.43 pada hari ke 38 perlakuan.Rasio C/N Reaktor 4 sebelum pengomposan yaitu 20,93 menjadi 15.16 pada hari ke 38 perlakuan.


Kata Kunci: Kompos, Rasio C/N, Pengomposan Aerobik, LimbahDomestik,Effective Microorganism 4,Metode Takakura.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGOMPOSAN LIMBAH RUMAH TANGGA DENGAN METODE TAKAKURA
Pengarang Rahmat Arya Winata - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua