Detail Cantuman Kembali
Retno Anjaswati - Personal Name

Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving dalam Penyesuaian Diri Siswa Terisolir

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya beberapa siswa menyesuaikan diri, sehingga menjadikannya terisolir dari lingkungan sekolahnya. Munculnya siswa terisolir dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni kesan pertama yang kurang baik, terkenal dengan siswa yang tidak sportif, penampilan tidak sesuai dengan standar kelompok, perilaku sosial yang tidak dapat mengendalikan diri, memiliki sifat mengganggu orang lain, status ekonomi di bawah standar kelompok dan hubungan buruk dengan anggota keluarga, serta tempat tinggal yang terpencil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving dalam penyesuaian diri siswa terisolir. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving dalam penyesuaian diri siswa terisolir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode survey. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling sebagai sumber data primer yang memberikan data kepada peneliti secara langsung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving mampu membawa perubahan menjadi lebih baik pada siswa terisolir yang sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolahnya. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pada tahap perencanaan, program telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa di sekolah, pada tahap pelaksanaan menggunakan metode ceramah dan diskusi yang diaplikasikan pada teknik problem solving, pada tahap evaluasi telah dilaksanakan evaluasi proses dan evaluasi hasil terhadap layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving dalam penyesuaian diri siswa terisolir. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, implementasi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving, nampak siswa yang terisolir mengalami perkembangan dalam penyesuaian dirinya. Terkait perkembangan atau perubahan pada penyesuaian diri siswa yang terisolir masih selalu dalam pemantauan guru bimbingan dan konseling setempat.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Problem solving, Penyesuaian Diri, Terisolir

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving dalam Penyesuaian Diri Siswa Terisolir
Pengarang Retno Anjaswati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RET i 2020
Subyek bimbingan kelompok
Problem solving, Penyesuaian Diri, Terisolir
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Bimbingan dan Konseling
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua