Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Materi Gaya Dengan Model Pembelajaran Example Non Example Pada Siswa Kelas IV SDN 012 Samarinda Kota
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang antusias dalam pembelajaran, belum menampakkan sikap kerja sama dalam kelompok dan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV khususnya pada mata pelajaran IPA materi gaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengembangan dan kelayakan perangkat pembelajaran IPA materi gaya dengan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas IV SDN 012 Samarinda Kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan perangkat pembelajaran IPA materi gaya dengan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas IV SDN 012 Samarinda Kota. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian adalah ahli pembelajaran dan ahli media. Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran IPA materi gaya dengan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas IV SDN 012 Samarinda Kota. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket validasi. Teknis analisis data menggunakan rata-rata dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji kelayakan silabus termasuk dalam kriteria penilaian “layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,1 dan presentase kelayakan sebesar 81,66%. Hasil uji kelayakan RPP termasuk dalam kriteria penilaian “sangat layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,3 dan presentase kelayakan sebesar 85,33%. Hasil uji kelayakan alat evaluasi termasuk dalam kriteria penilaian “sangat layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,3 dan presentase kelayakan sebesar 86%. Hasil uji kelayakan materi termasuk dalam kriteria penilaian “layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,1 dan presentase kelayakan sebesar 82,22%. Hasil uji kelayakan media termasuk dalam kriteria penilaian “layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,1 dan presentase kelayakan sebesar 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran IPA materi gaya dengan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas IV SDN 012 Samarinda Kota sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA, Gaya, Model Pembelajaran Example Non Example
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Materi Gaya Dengan Model Pembelajaran Example Non Example Pada Siswa Kelas IV SDN 012 Samarinda Kota |
---|---|
Pengarang | Sepi Greni Wulandari - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SEP p 2020 |
Subyek | Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA, Gaya, Mod |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY