Detail Cantuman Kembali
Sepi Greni Wulandari - Personal Name

Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Materi Gaya Dengan Model Pembelajaran Example Non Example Pada Siswa Kelas IV SDN 012 Samarinda Kota

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang antusias dalam pembelajaran, belum menampakkan sikap kerja sama dalam kelompok dan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV khususnya pada mata pelajaran IPA materi gaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengembangan dan kelayakan perangkat pembelajaran IPA materi gaya dengan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas IV SDN 012 Samarinda Kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan perangkat pembelajaran IPA materi gaya dengan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas IV SDN 012 Samarinda Kota. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian adalah ahli pembelajaran dan ahli media. Objek penelitian adalah perangkat pembelajaran IPA materi gaya dengan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas IV SDN 012 Samarinda Kota. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket validasi. Teknis analisis data menggunakan rata-rata dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji kelayakan silabus termasuk dalam kriteria penilaian “layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,1 dan presentase kelayakan sebesar 81,66%. Hasil uji kelayakan RPP termasuk dalam kriteria penilaian “sangat layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,3 dan presentase kelayakan sebesar 85,33%. Hasil uji kelayakan alat evaluasi termasuk dalam kriteria penilaian “sangat layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,3 dan presentase kelayakan sebesar 86%. Hasil uji kelayakan materi termasuk dalam kriteria penilaian “layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,1 dan presentase kelayakan sebesar 82,22%. Hasil uji kelayakan media termasuk dalam kriteria penilaian “layak” dengan rata-rata skor keseluruhan 4,1 dan presentase kelayakan sebesar 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran IPA materi gaya dengan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas IV SDN 012 Samarinda Kota sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA, Gaya, Model Pembelajaran Example Non Example

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Materi Gaya Dengan Model Pembelajaran Example Non Example Pada Siswa Kelas IV SDN 012 Samarinda Kota
Pengarang Sepi Greni Wulandari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SEP p 2020
Subyek Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA, Gaya, Mod
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua