Detail Cantuman Kembali
Nanna - Personal Name

pra rancangan pabrik nitrocellulose dari tandan kosong kelapa sawit dengan proses nitration mixed acid kapasitas 150.000 ton/tahun.

Nitrocellulose atau disebut juga sebagai selulosa nitrat (NC) banyak digunakan sebagai bahan bakar roket dan bahan peledak. Nitrocellulose diproduksi dengan bahan baku selulosa yang berasal dari TKKS dan asam nitrat akan didirikan pada tahun 2029 dengan kapasitas produksi 150.000 Ton/Tahun yang menggunakan proses Nitration mixed acid. Selulosa didapatkan dari TKKS yang didapatkan dari proses delignifikasi yaitu proses penghilangan lignin agar bisa mendapatkan selulosa sesuai kemurnian yang dibutuhkan. Lalu setelah selulosa didapatkan maka akan dilakukan proses pencampuran antara asam nitrat dan asam sulfat dimana proses ini disebut dengan proses nitrasi mixed acid dikarenakan menggunakan air asam campuran yang terdiri dari H2O, H2SO4 dan HNO3. Adapun perencanaan lokasi pabrik Nitrocellulose akan didirikan di Kecamatan Muara Badak, Provinsi Kalimantan Timur dikarenakan lokasi pabrik yang sangat dekat dengan bahan baku yaitu TKKS. Tahapan proses meliputi persiapan bahan baku selulosa dan asam nitrat, pembentukan Nitrocellulose di dalam reaktor, dan pemurnian produk. Pemurnian produk dilakukan didalam proses pencucian. Selanjutnya produk akan masuk kedalam tahap pengemasan dan penyimpanan. Adapun hasil samping lain dari proses pembuatan Nitrocellulose ini berupa air yang berasal dari proses pencucian. Unit utilitas yang digunakan pada pabrik ini yaitu unik penyedia dan pengolahan air yang berasal dari air sungai. Pada pabrik ini membutuhkan air proses sebanyak 1.219,5771 m3 /hari, kebutuhan air untuk pembangkit steam 811,08 m3 /hari, kebutuhan air pendingin 700.88 m3 /hari, dan kebutuhan air sanitasi 20,7900 m3 /hari. Unit penyedia listrik membutuhkan listrik sebanyak 2.657,40 kW dan kebutuhan bahan bakar 209,2478 L/hari. Bentuk perusahaan yang di pilih yaitu Perseroan Terbatas (PT) dengan jumlah karyawan 198 orang. Dengan luas tanah sekitar 29,590 m2 . vi Adapun lokasi pabrik nitrocellulose yang dipilih yaitu pada daerah Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutaikartanegara, Kalimantan Timur. Berdasarkan hasil perhitungan Analisa ekonomi di peroleh BEP sebesar 46,6766%, POT sebelum pajak 4,3702 tahun, POT sesudah pajak 5.0860 tahun, ROI sebelum pajak 0.1288%, ROI sesudah pajak 0.0966%, dan nilai IRR sebesar 26%.
Kata Kunci : Nitrocellulose, selulosa, asam nitrat, asam sulfat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul pra rancangan pabrik nitrocellulose dari tandan kosong kelapa sawit dengan proses nitration mixed acid kapasitas 150.000 ton/tahun.
Pengarang Nanna - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAN p 2020
Subyek Nitrocellulose, selulosa, asam nitrat, asam sulfat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Kimia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua