Analisis Kelayakan Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas V Semester II Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buku teks yang terus mengalami perubahan/revisi serta keterbatasan waktu dalam penyusunannya dan tidak menutup kemungkinan adanya kekeliruan dan ketidaktepatan dalam buku teks. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana buku teks siswa kurikulum 2013 SD/MI kelas V semester II pada tema Peristiwa dalam kehidupan subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan dari aspek kelayakan isi materi, penyajian, dan bahasa buku?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan buku teks siswa kurikulum 2013 kelas V semester II pada tema Peristiwa dalam Kehidupan subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan dari aspek kelayakan isi materi, penyajian, dan bahasa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah buku teks siswa kurikulum 2013 kelas V SD/MI tema peristiwa dalam kehidupan terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan dokumen yaitu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen. Dokumen yang dimakud disini adalah buku teks siswa. Teknik pengumpulan data selanjutnya yaitu dokumentasi data hasil analisis buku dari aspek kelayakan isi materi, penyajian, dan bahasa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Peneliti mengumpulkan data yang terkait dengan kelayakan buku teks, kemudian data-data tersebut direduksi, disajikan data-data yang penting, dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan isi materi, penyajian, dan bahasa secara umum sudah sesuai dengan indikator penilaian kelayakan buku teks. Karena kelayakan dari aspek isi materi, aspek penyajian, dan aspek bahasa sudah memenuhi kriteria kelayakan dengan perolehan persentase yang dihitung menggunakan prosedur statistik sederhana. Perolehan Persentase pada aspek kelayakan isi materi sebesar 88,69 %, aspek penyajian sebesar 85,11 %, dan aspek bahasa sebesar 86,11 %. Dari hasil penelitian diatas, disimpulkan bahwa buku teks siswa kurikulum 2013 SD/MI tema Peristiwa dalam Kehidupan terbitan Kemendikbud tahun 2017 pada subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan sangat layak digunakan.
Kata Kunci : Kelayakan Buku siswa, Kurikulum 2013, Peristiwa dalam Kehidupan
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Kelayakan Buku Teks Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas V Semester II Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan |
---|---|
Pengarang | Solikah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SOL a 2020 |
Subyek | Kelayakan Buku siswa, Kurikulum 2013 Peristiwa dalam Kehidupan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY