Analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada buku teks pembelajaran siswa kelas V SD tema organ gerak hewan dan manusia
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku siswa kelas V tema 1 “Organ Gerak Hewan dan Manusia” kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang mengandung dan menunjukkan nilai pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data adalah documentery study, instrument dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah analisis isi (content analysis). Dalam penelitian yang dilakukan peneliti manggunakan 3 validator yaitu, 2 tman alumni pendidikan guru sekolah dasar, dan 1 guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Samarinda Ulu sebagai ahli dalam bidangnya. Menurut Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ada 18 nilai karakter utama yang perlu diterapkan dalam pembelajaran di sekolah, berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah di lakukan dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku tematik siswa kelas V tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia belum mencakup seluruhnya. Dari 18 nilai karakter yang seharusnya muncul dalam buku siswa kelas V tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia hanya terdapat 13 nilai pendidikan karakter atau sekitar 72,2%. Berikut adalah rincian 13 nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku siswa kelas V tema Organ Gerak Hewan dan Manusia yaitu: nilai religious, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai demokratis, nilai cinta tanah air, nilai semangat kebangsaan, nilai menghargai prestasi, nilai cinta damai, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, nilai tanggung jawab, Pada buku siswa tersebut nilai yang paling sering muncul yaitu nilai peduli sosial. Masih ada 5 nilai pendidikan karakter yang belum muncul dalam buku kelas V tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia yaitu Nilai jujur, nilai mandiri, nilai rasa ingin tahu, nilai bersahabat/komunikatif, nilai gemar membaca, tidak terdapat pada bacaan dalam buku siswa kelas V tema Organ Gerak Hewan dan Manusia. Sehingga diharapkan melalui penelitian ini dapat menjadi evaluasi lebih lanjut kepada penilis buku untuk mencantumkan nilai pendidikan karakter yang belum ditemukan dalam buku ini.
Kata Kunci : Analisis, Nilai-nilai Pendidikan Karakter.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis nilai-nilai pendidikan karakter pada buku teks pembelajaran siswa kelas V SD tema organ gerak hewan dan manusia |
---|---|
Pengarang | Indriana Yusni Teda - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI IND a 2020 |
Subyek | Analisis, Nilai-nilai Pendidikan Karakter |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | pendidikan guru sekolah dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY