Pengaruh Persepsi Siswa Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Siswa Kelas X SMK Kesehatan Samarinda
PANCA WIJAYANTI S, Pengaruh Persepsi Siswa dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Siswa Kelas X SMK Kesehatan Samarinda (Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Rahmat Soe’oed, MA dan Dr. Hj. Nurlaili, M.Pd)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia kelas X SMK Kesehatan Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian cross section corrrelation. Jumlah populasi berjumlah 132 siswa dan sampel penelitian adalah 99 siswa. Pengumpulan data dari sampel dilakukan dengan menggunakan angket persepsi siswa dan angket motivasi belajar siswa, dan tes hasil belajar Sejarah Indonesia. Analisis data dari penelitian ini menggunakan korelasi dan regresi sederhana dan ganda. Hasil peneltian diperoleh dengan persamaan regresi yaitu Y ̂=18,140+0,386X_1+0,380X_2, sedangkan koefisien korelasi atau rhitung sebesar 0,629 dengan nilai ρ-value (Sig.) 0,000 < 0,05 maka persamaan regresi yang diperoleh berarti secara signifikan dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan persepsi siswa dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar Sejarah Indonesia dengan determinasi sebesar 39,6%. Hal ini menunjukkan bahwa 39,6% variansi yang ada pada hasil belajar Sejarah Indonesia dapat diprediksi oleh variabel persepsi siswa dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa persepsi siswa lebih berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 32,7 % sedangkan motivasi belajar hanya berpengaruh 32,1 %.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Persepsi Siswa Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Siswa Kelas X SMK Kesehatan Samarinda |
---|---|
Pengarang | Panca Wijayanti S - Personal Name |
No. Panggil | TESIS PAN p 2020 |
Subyek | Persepsi Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Teknologi Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY