Detail Cantuman Kembali
Dwi Desti Mahrianti - Personal Name

ANALISIS ISI BUKU TEKS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KELAS IV PADA MATERI PECAHAN

Buku teks merupakan salah satu sarana pendidikan sebagai sumber belajar yang mempunyai peran sangat penting dan strategis untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah. Pada buku matematika kelas IV, masih terdapat kekurangan dan kesalahan baik dalam penulisan maupun kurangnya komponen standar yang seharusnya ada pada sebuah buku. Salah satu cara yang dapat mengantisipasi hal tersebut adalah dengan adanya instrumen dari BSNP mengenai materi dan penyajian buku yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi buku teks siswa pembelajaran matematika SD kelas IV pada materi pecahan berdasarkan aspek materi yang terdiri sepuluh komponen penilaian didalamnya. Jenis Penelitian yang digunakan penelitian analisis dokumen. dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah buku teks siswa matematika kelas IV yang diterbitkan Kemendikbud tahun 2018. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, menggunakan lembar penilaian buku teks matematika berdasarkan BSNP. Penilaian dilakukan oleh tiga orang penilai, yaitu peneliti sebagai penilai 1, guru sebagai penilai 2, dan teman sejawat sebagai penilai 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang dianalisis termasuk dalam kriteria sangat baik dengan perolehan persentase skor 88,33% pada sub komponen kelengkapan materi, pada sub komponen keakuratan 96,80%, pada sub komponen materi memunculkan aspek penalaran dan pembuktian 96,27%, pada sub komponen materi memunculkan aspek pemecahan masalah 65,40%, pada sub komponen materi memunculkan aspek komunikasi 90,11%, pada sub komponen materi memunculkan aspek keterkaitan 85,16%, pada sub komponen penyajian konsep-konsep diperjelas dengan gambar, tabel, skema, atau ilustrasi 100%, pada sub komponen materi memuat kegiatan yang menunjang tujuan yang dirumuskan dalam kurikulum 77,7%, pada sub komponen tidak tumpang tindih 90,11%, pada sub komponen soal-soal kontekstual 100%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa buku teks siswa Matematika Kelas IV Terbitan Kemendikbud sudah memenuhi standar aspek materi menurut BSNP dan memuat materi pokok yang memenuhi standar aspek tersebut. Buku teks siswa dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran matematika. Selain itu, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menganalisis buku teks matematika lain. Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui kualitas buku teks matematika yang digunakan di sekolah
Kata Kunci : Analisis Isi Buku, Materi Pecahan Kelas IV

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS ISI BUKU TEKS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KELAS IV PADA MATERI PECAHAN
Pengarang Dwi Desti Mahrianti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DWI a 2020
Subyek Analisis Isi Buku, Materi Pecahan Kelas IV
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua