Pengaruh Grup Afiliasi terhadap Manajemen Laba dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi yang Listing di Bursa Efek Indonesia 2016 - 2018
Zulkharis Syafitri. Pengaruh Grup Afiliasi terhadap Manajemen Laba dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi yang listing di Bursa Efek Indonesia 2016-2018. Dibimbing oleh: Bapak Set Asmapane sebagai dosen pembimbing I dan Ibu Yoremia Lestari sebagai dosen pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji serta memperoleh bukti empiris Profitabilitas dalam memoderasi pengaruh Grup Afiliasi terhadap Manajemen Laba. Penelitian ini dilakukan pada 35 perusahaan sektor konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan telah menerbitkan laporan keuangan pada periode 2016 hingga 2018. Variabel terikat pada penelitian ini adalah Manajemen Laba, variabel bebas adalah Grup Afiliasi, dan variabel moderasi adalah Profitabilitas. Data yang digunakan berupa data sekunder dan merupakan jenis data kuantitatif. Terknik analisis data dengan analisis regresi moderasi menggunakan program SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa Profitabilitas mampu memperkuat pengaruh Grup Afiliasi terhadap Manajemen Laba.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Grup Afiliasi terhadap Manajemen Laba dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi yang Listing di Bursa Efek Indonesia 2016 - 2018 |
---|---|
Pengarang | Zulkharis Syafitri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ZUL p 2020 |
Subyek | Grup Afiliasi -t Profitabilitas -t Manajemen Laba -t |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Jurusan | Akuntansi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY