Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPA tentang Macam-macam Gaya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 007 Sungai Kunjang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang membutuhkan sebuah model bervariasi yang dapat meningkatkan minat dan motivasinya untuk belajar. Model picture and picture memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Model ini dapat melatih siswa untuk menumbuh kembangkan kemampuan berpikir. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti berkeinginan untuk mengetahui “Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA tentang macam-macam gaya pada siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang?” dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil IPA tentang macam-macam gaya pada siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 007 Sungai Kunjang, waktu pelaksanaan pada semester II Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah seorang guru wali kelas IVC SDN 007 Sungai Kunjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA tentang macam-macam gaya pada siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang. Hal ini berdasarkan hasil analisis menggunakan uji t, dengan taraf signifikansi sebesar 5% diperoleh bahwa thitung ttabel (6,283 > 1,701) yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar IPA tentang macam-macam gaya pada siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang.
Kata Kunci : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Hasil Belajar IPA tentang Macam-macam Gaya Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 007 Sungai Kunjang |
---|---|
Pengarang | Siti Miftakhol Janah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SIT p 2020 |
Subyek | Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY