Detail Cantuman Kembali
SUCIYANTI - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Daerah Tempat Tinggalku dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV B SDN 012 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2019/2020

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IVB di SDN 012 Samarinda Kota tahun pembelajaran 2019/2020. Berdasarkan latar belakang tersebut masalah penelitian ini adalah “ Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS tentang Daerah Tempat Tinggalku dengan Media Gambar pada siswa kelas IVB di SDN 012 Samarinda Kota tahun pembelajaran 2019/2020? “. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang Daerah Tempat Tinggalku dengan Media Gambar pada siswa kelas IVB di SDN 012 Samarinda Kota tahun pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IVB SDN 012 Samarinda Kota pada bulan Maret 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa IVB SDN 012 Samarinda Kota yang berjumlah 21 siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah media gambar untuk meningkatakan hasil belajar IPS tentang Daerah Tempat Tinggalku. Adapun rancangan penelitian tindakan kelas ini yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas guru dan siswa, tes evaluasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus: rata-rata (mean) persentase, peningkatan hasil belajar, dan persentase ketuntasan belajar. Observasi guru dan siswa dilakukan untuk mengetahui tindakan yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran selanjutnya. Berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari pra siklus yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 61,43 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang dengan persentase ketuntasan sebesar 42,86%. Setelah pelaksanaan tindakan, hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 18,61% dengan nilai rata-rata sebesar 72,86 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang dengan persentase ketuntasan sebesar 66,67%, dan meningkat kembali pada siklus II sebesar 44,40% dengan nilai rata-rata 88,57 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 orang dengan persentase ketuntasan sebesar 85,71%. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS tentang Daerah Tempat Tinggalku di kelas IVB SDN 012 Samarinda Kota tahun pembelajaran 2019/2020 meningkat.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Media Gambar, Daerah Tempat Tinggalku

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Daerah Tempat Tinggalku dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV B SDN 012 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2019/2020
Pengarang SUCIYANTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SUC p 2020
Subyek Hasil Belajar IPS, Media Gambar
Daerah Tempat Tinggalku
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua